Izzabillah, Nilufarul (2025) Pengaruh Mental Accounting dan Live Shoppping terhadap Keputusan Pembelian Melalui Tiktok Shop pada Ibu Rumah Tangga Desa sumber Malang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember.
|
Text
Nilufarul Izzabillah_204105030007.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nilufarul Izzabillah, M. F Hidayatullah 2025 :Pengaruh Mental accounting dan Live Shopping terhadap Keputusan Pembelian Ibu Rumah Tangga
Desa Sumber Malang melalui Tiktok Shop
Kata Kunci: Mental accounting, Live Shopping, Keputusan Pembelian, TikTok Shop, Ibu Rumah Tangga.
Perkembangan teknologi digital telah mengubah perilaku konsumsi masyarakat, terutama melalui media sosial yang kini terintegrasi dengan e-commerce salah satunya adalah TikTok Shop, yang menghadirkan fitur Live Shopping.Di mana konsumen, khususnya ibu rumah tangga, mudah terpengaruh oleh promosi terbatas waktu, diskon besar, dan interaksi emosional selama siaran langsung. Namun, gaya belanja ini berpotensi memengaruhi pola Mental accounting, yaitu cara individu mengelola dan mengkategorikan keuangan mereka berdasarkan persepsi nilai dan tujuan penggunaan uang, sehingga berdampak pada rasionalitas keputusan pembelian.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) apakah Mental accounting berpengaruh terhadap keputusan pembelian ibu rumah tangga di TikTok Shop; (2) apakah Live Shopping berpengaruh terhadap keputusan pembelian ibu rumah tangga di TikTok Shop; dan (3) apakah Mental accounting dan Live Shopping secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ibu rumah tangga di TikTok Shop.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parsial maupun simultan antara Mental accounting dan Live Shopping terhadap keputusan pembelian ibu rumah tangga di TikTok Shop. Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memperkaya literatur mengenai perilaku konsumen dan akuntansi perilaku, serta memberikan manfaat praktis bagi pelaku usaha dan masyarakat dalam memahami dinamika perilaku konsumsi di era ekonomi digital.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian adalah ibu rumah tangga di Desa Sumber Malang, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso, sebanyak 1.239 orang. Penentuan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 93 responden yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis skala Likert, dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 29.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mental accounting berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya semakin tinggi kemampuan ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan, semakin kecil kecenderungan mereka untuk membeli secara impulsif; (2) Live Shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena menciptakan pengalaman belanja yang menarik, interaktif, dan meyakinkan; (3) Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ibu rumah tangga di TikTok Shop.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
| Depositing User: | Bila Nilufarul Izzabillah |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 02:31 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 02:31 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
