Implementasi Ruqyah Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Karakter Negatif Peserta Didik di SMK Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020

MISNAN RUDIYANTO, - (2020) Implementasi Ruqyah Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Karakter Negatif Peserta Didik di SMK Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MISNAN RUDIYANTO_T20161255.pdf

Download (7MB)

Abstract

Misnan Rudiyanto, 2020: Implementasi Ruqyah Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Karakter Negatif Peserta Didik di SMK Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020 Kata Kunci : Implementasi ruqyah, Karakter negatif Sekolah merupakan lingkungan sosial yang didalamnya terdapat aturan dan tata tertib sekolah. Banyak faktor yang mempengaruhi atau mendorong adanya masalah pada siswa, meliputi masalah karakter peserta didik hinggi masalah lain yang menggangu terhadap orang lain. Selain di bimbingan konseling sekolah, guru juga mempunyai tanggung jawab untuk menggodok karakter peserta didik menjadi lebih baik. Tidak hanya dikarenakan faktor keluarga atau lingkungan saja, permasalahan karakter peserta didik yang ada juga disebabkan oleh adanya gangguan lain dari luar, setelah dicoba ditelusuri dan dibacakan ayat-ayat alQur’an oleh guru pada peserta didik ternyata terdapat reaksi yang tidak biasa, nah dari sini dilakukan percobaan meruqyah peserta didik untuk memperbaiki perilaku yang bermasalah di dalam kelas atau dilingkungan sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini diantaranya: (1) Apa Dasar Pelaksanaan Metode Ruqyah Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Negatif Peserta Didik di SMK Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana Metode Ruqyah Dalam Mengatasi Karakter Negatif Peserta Didik di SMK Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020? (3) Bagaimana Manfaat Ruqyah Terhadap Karakter Negatif Peserta Didik di SMK Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang : dasar pelaksanaan, metode, dan manfaat Implementasi Ruqyah Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Karakter Negatif Peserta Didik di SMK Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pemilihan subyek ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkahlangkahnya meliputi: Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Dasar Pelaksanaan Ruqyah di SMK Negeri 4 Jember yakni a) sering terjadinya kesurupan, b) karakter negatif siswa, c) gangguan siswa pada jam tertentu, d) permasalahan keluarga e) persoalan eksternal keluarga, f) kepemilikan benda mistik. (2) Metode ruqyah yang dipakai yakni a) bacaan alQur’an dan doa nabi, b) ruqyah rumah, c) ruqyah anak hiperaktif, d) ruqyah mandiri, e) memutus buhul sihir. (3) Manfaat ruqyah terhadap peserta didik yakni a) mengobati kesurupan, b) rajin beribadah, c) patuh kepada orang tua, d) meredam amarah, e) meningkatkan semangat belajar, f) hati menjadi lebih tenang, g) mengobati gangguan jasmani, h) tubuh menjadi lebih sehat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 18 Mar 2022 09:10
Last Modified: 18 Mar 2022 09:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4944

Actions (login required)

View Item View Item