PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK BERBASIS CUSTOM MOBILE APP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MADRASAH IBTIDA’IYAH MA’ARIF 39 HIDAYATUL MURID AMPEL WULUHAN JEMBER

Azizah, Intan Wafik (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK BERBASIS CUSTOM MOBILE APP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MADRASAH IBTIDA’IYAH MA’ARIF 39 HIDAYATUL MURID AMPEL WULUHAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INTAN FIKS REVISI (2).pdf

Download (5MB)

Abstract

Intan Wafik Azizah, 2025 : Pengembangan Media Fun Thinkers Book berbasis Custom Mobile App Pada Mata Pelajara Matematika Kelas III Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif 39 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember.
Kata Kunci : Media Fun Thinkers Book berbasis Custom Mobile App, Matematika
Pembelajaran Matematika di kelas III Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif 39 Hidayatul Murid sering kali dianggap sulit dan kurang menarik bagi peserta didik. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih didominasi metode ceramah sehingga siswa kurang aktif. Selain itu, hasil wawancara dengan guru mengungkapkan bahwa penggunaan media interaktif masih minim, yang berdampak pada rendahnya motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi bangun datar. Sementara itu, penelitian terdahulu menunjukkan bahwa Fun Thinkers Book versi cetak telah digunakan sebagai media pembelajaran, namun belum dikembangkan dalam bentuk aplikasi mobile yang lebih praktis dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran modern.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran Fun Thinkers Book berbasis Custom Mobile App untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas III Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif 39 Hidayatul Murid; dan (2) menilai kelayakan, daya tarik, serta kemudahan penggunaan media tersebut dalam mendukung pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba meliputi ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, serta peserta didik kelas III.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak berdasarkan penilaian para ahli dan respon peserta didik. Media ini dinilai valid, menarik, mudah digunakan, serta efektif mendukung proses pembelajaran bangun datar. Dengan demikian, Fun Thinkers Book berbasis Custom Mobile App layak diimplementasikan sebagai media pembelajaran Matematika di kelas III.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Intan Wafik Azizah
Date Deposited: 01 Dec 2025 04:35
Last Modified: 01 Dec 2025 04:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49451

Actions (login required)

View Item View Item