Kinandi, Feren Fortu Nella (2025) Pelaksanaan Activity OF Daily Living (ADL) Dalam Penguatan Motorik Siswa Tunadaksa Di SLB Negeri Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Feren Fortu Nella Kinandi_212103030038.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kata kunci: Activity of Daily Living (ADL), Penguatan Motorik, Tunadaksa
Anak tunadaksa memiliki kelainan pada sistem saraf pusat yang
menyebabkan fungsi gerak tubuh tidak bisa berfungsi pada umumnya. Hal ini
menyebabkan anak tunadaksa terhambat dalam kemandirian. Untuk dapat
mengembalikan fungsi gerak dan melepas mereka dari ketergantungan pada orang
lain, SLB Negeri Jember memiliki program khusus untuk melatih siswa tunadaksa
agar dapat hidup mandiri. Selain itu program khusus yang ada di SLB Negeri
Jember juga memberikan dampak untuk fungsi gerak tubuh sehingga siswa dapat
merawat diri.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1.) Bagaimana pelaksanaan
kegiatan Activity of Daily Living (ADL) bagi siswa tunadaksa di SLB Negeri
Jember ? 2.) Bagaimana perkembangan kekuatan motorik siswa tunadaksa setelah
pelaksanaan kegiatan Activity of Daily Living (ADL) di SLB Negeri Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1.) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan
kegiatan Activity of Daily Living (ADL) bagi siswa tunadaksa di SLB Negeri
Jember 2.) Untuk mendeskripsikan perkembangan kekuatan motorik siswa tuna
daksa setelah pelaksanaan kegiatan Activity of Daily Living (ADL) di SLB Negeri
Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif
deskriptif. Purposive sampling menjadi teknik dalam menentukan subjek
penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Miles and
Huberman yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang
digunakan dalam penelitian ini yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya anak tunadaksa cerebral
palsy mampu melakukan aktivitas harian setelah pelaksanaan ADL secara rutin.
Binadiri dan binagerak yang diberikan kepada siswa tunadaksa cerebral palsy
dapat mengembalikan fungsi gerak tubuh sesuai dengan fungsi gerak tubuh
manusia pada umumnya. Serta memberikan dukungan perkembangan pada
proses pengelolaan emosi anak.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
| Depositing User: | mrs feren fortu nella kinandi |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:07 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 07:07 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
