DUKUNGAN SOSIAL DALAM MENUMBUHKAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BCD YPAC JEMBER

Zulfah, Rania Firdausiah (2025) DUKUNGAN SOSIAL DALAM MENUMBUHKAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BCD YPAC JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Rania Firdausiah Z (watermark).pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Dukungan Sosial, Psychological Well
Being
Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus seharusnya perlu
mendapatkan dukungan sosial dari keluarga, teman, dan guru berupa dukungan
sosial positif dan tidak diskriminatif. Akan tetapi pada kenyataannya, masih
banyak ditemukan keluarga,teman, dan guru yang belum memberikan dukungan
penuh kepada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus karena orang
tua tersebut sering mengalami kekhawatiran, kecemasan, dan diskriminasi dari
lingkungan sekitar, bahkan terkadang orang tua memiliki kekhawatiran dan
kecemasan kepada anaknya yang mengalami perundungan pada saat di sekolah.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk dukungan sosial yang
diterima orang tua dengan anak berkebutuhan khusus di SMPLB BCD YPAC
Jember? 2) Bagaimana gambaran pyschological well-being orang tua dengan anak
berkebutuhan khusus di SMPLB BCD YPAC Jember? 3) Bagaimana peran
dukungan sosial dalam menumbuhkan pyschological well-being orang tua dengan
anak berkebutuhan khusus di SMPLB BCD YPAC Jember?
Tujuan penelitian skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui bentuk dukungan
sosial yang diterima orang tua dengan anak berkebutuhan khusus di SMPLB BCD
YPAC Jember. 2) Untuk mengetahui gambaran pyschological well-being orang
tua dengan anak berkebutuhan khusus di SMPLB BCD YPAC Jember. 3) Untuk
mengetahui peran dukungan sosial dalam menumbuhkan pyschological well-being
orang tua dengan anak berkebutuhan khusus di SMPLB BCD YPAC Jember.
Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi
kasus. Penelitian ini dilakukan di SMPLB BCD YPAC Jember. Teknik
pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi langsung, dan
dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan analisis tematik dengan mencakup tiga
tahapan yaitu memahami tema, menyusun kode, dan mencari tema.
Berdasarkan hasil penelitian ini menghasilkan bahwa orang tua yang
memiliki anak berkebutuhan khusus mendapat dukungan emosional, dukungan
instrumental, dan dukungan informasi dari keluarga, teman, serta lingkungan
sekitar. Dukungan ini menjadi pondasi penting untuk psychological well-being
orang tua agar membantu orang tua dalam mengelola stress, meningkatkan
kesejahteraan mental orang tua, dan tantangan pengasuhan, sehingga semakin
tinggi dukungan sosial semakin tinggi pula psychological well-being orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rania Firdausiah Zulfah
Date Deposited: 01 Dec 2025 07:04
Last Modified: 01 Dec 2025 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49474

Actions (login required)

View Item View Item