Rozi, Dhorifah Nur (2025) Strategi Coping Stres Siswa Dalam Menghadapi Tasmi' Pada Kegiatan Qur'an Camp Di SMP Science Qur'an Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Dhorifah Nur Rozi _211103050016.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: coping stres, tasmi’
Kegiatan tasmi’ Al-Qur‟an pada Qur‟an Camp memiliki dampak positif
yaitu siswa dapat melatih mental siswa, melatih kepercayaan diri dan menguatkan
hafalan. Adapun dampak negatif yaitu dapat menimbulkan kecemasan dan stres
pada siswa. Siswa akan mengalami gejala-gejala stres pada saat kegiatan tasmi’
berlangsung. Dalam hal tersebut siswa melakukan strategi coping stres dalam
menghadapi situasi yang menekan.
Adapun fokus penelitian : Pertama, bagaiamana gejala-gejala stres siswa
dalam menghadapi tasmi’ pada kegiatan Qur’an Camp di SMP SQ Al-Irsyad Al
Islamiyyah Jember? Kedua, bagaimana strategi coping stres siswa dalam
menghadapi tasmi’ pada kegiatan Qur‟an Camp di SMP SQ Al-Irsyad Al
Islamiyyah Jember ? ketiga, bagaimana peran guru dalam mendukung strategi
coping stres siswa pada kegiatan tasmi’ di SMP SQ Al-Irsyad Al-Islamiyyah
Jember?
Adapun Tujuan penelitian ini adalah: pertama, untuk mengetahui gejala
gejala stres siswa dalam menghadapi tasmi’ pada kegiatan Qur’an Camp. Kedua,
untuk mengetahui strategi coping stres siswa dalam menghadapi tasmi’ pada
kegiatan Qur‟an Camp di SMP Science Qur‟an Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember.
Ketiga, untuk mengetahui peran guru dalam mendukung strategi coping stres
siswa pada kegiatan tasmi’ di SMP Science Qur‟an Al-Irsyad Al-Islamiyyah
Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif.
Adapun Teknik penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakuakn observasi,
wawancara dan dkumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan model Miles dan Huberman. Adapaun uji keabsahan data yang
digunakan adalah triangulasi data.
Kesimpulan : pertama, setiap siswa mengalami gejala-gejala stres yang
berbeda-beda, -gejala stres yang dialami siswa yaitu cemas, takut, kurangnya rasa
percaya diri, tangan dingin dan gemetar. Kedua, strategi coping stres yang
dilakukan oleh siswa pemecahan masalah yang terencana, mencari dukungan
sosial, kontrol diri, menjauhkan dan melarikan diri, menerima tanggung jawab,
penilaian ulang yang positif. ketiga, Adapun peran guru yaitu dengan memberikan
memberikan dukungan sosial berupa pujian, afirmasi positif, motivasi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam |
| Depositing User: | Dhorifah Nur Rozi |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:11 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 07:11 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
