Fatmawati, Reiza Dwi (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Kelas VI Di UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Reiza Dwi Fatmawati_201101040030.pdf Download (7MB) |
Abstract
Reiza Dwi Fatmawati, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Kelas VI Di UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Augmented Relaity, Bangun Ruang
Penelitian ini dilatar belakangi menurunnya minat belajar peserta didik pada materi bangun ruang yang sering dianggap membosankan oleh peserta didik kelas VI di UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan karena penggunaan media konvensional yang sering digunakan. Sehingga dikembangkanlah media Augmented Reality sebagai media edukatif yang menggabungkan dunia maya dengan dunia nyata. Media ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana pengembangan produk media pembelajaran Augmented Reality pada materi bangun ruang kelas VI di UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan? 2. Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada materi bangun ruang kelas VI di UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan? 3. Bagaimana kepraktisan pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada materi bangun ruang kelas VI di UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Augmented Reality pada materi bangun ruang kelas VI, untuk mengetahui kelayakan dan praktikalitas media pembelajaran Augmented Reality pada materi bangun ruang kelas VI di UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau disebut dengan Research and Development (RnD). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian adalah ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, dan peserta didik kelas VI B UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket.
Adapun hasil dari penelitian ini yakni: 1. Produk yang dikembangkan berupa aplikasi yang memuat materi bangun ruang kelas VI dengan bantuan kartu gambar bangun ruang untuk memunculkan 3D. 2. Kelayakan media dilakukan sebagai patokan sebelum media diuji cobakan pada pembelajaran di kelas. Proses uji validasi dilakukan oleh 2 validator diantaranya validasi ahli media dan validasi ahli materi. Hasil dari rata-rata kedua validator yakni sebesar 95%, sehingga dapat diartikan jika media pembelajaran Augmented Reality pada materi bangun ruang kelas VI UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan dikategorikan sangat layak. 3. Kepraktisan media dilakukan oleh ahli pembelajaran dan responden peserta didik. Hasil rata-rata dari uji coba keduanya yakni sebesar 94%, sehingga dapat diartikan jika media pembelajaran Augmented Reality pada materi bangun ruang kelas VI UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan dikategorikan sangat praktis.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Reiza Dwi Fatmawati |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 06:48 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 06:48 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
