SITI WINARSIH TRI HANDAYANI, - (2020) “Pembelajaran outing class dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Text
SITI WINARSIH TRI HANDAYANI_T20165044.pdf Download (3MB) |
Abstract
Siti Winarsih Tri Handayani, 2020: “Pembelajaran outing class dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember”. Pembelajaran outing class diharapkan dapat menumbuhkan suatu sikap karakter yang baik dalam diri anak karena manusia yang berkarakter adalah manusia yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, baik lingkungan sosial maupun lingkungan fisik. Dengan artian, kepedulian lingkungan adalah suatu sikap yang ditunjukan dengan tingkat kualitas kesadaran manusia terhadap lingkungannya, manusia yang memiliki kesadaran bahwa dirinya menjadi bagian dari lingkungan yang tidak terpisah dari lingkungan akan berusaha berbuat sebaik mungkin bagi lingkungannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah :1) bagaimana perencanaan pembelajaran outing class dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember? 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran outing class dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember? 3) bagaimana evaluasi pembelajaran Outing class dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran outing class dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember. 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran outing class dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember. 3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran outing class dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Analisis data menggunakan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menghasilkan: 1) Perencanaan pembelajaran outing class dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember adalah guru membuat RPPH dan RPPM tentang pembelajaran outing class sebelum memulai pembelajaran. Konsep pelaksanaan pembelajaran outing class ini memanfaatkan lingkungan sekolah beserta halaman sekolah dalam proses belajar. Anak didik dapat memperoleh suasana baru yang dapat membuat mereka lebih senang untuk belajar sehingga pembelajaran berlangsung dengan dinamis dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. 2) Pelaksanaan pembelajaran outing class dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember adalah guru melaksanakan tujuan pembelajaran outing class, guru membantu anak memahami dan menyesuaikan diri secara kreatif dengan lingkungannya, sehingga terbentuklah karakter peduli lingkungan, karena pembelajaran outing class di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember anak diajarkan nama-nama benda, manfaat benda tersebut, berkaitan dengan pohon dan manfaatnya, dan dampak dari kerusakan lingkungan. 3) Evaluasi pembelajaran outing class dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember guru melakukan evaluasi pembelajaran outing class yaitu dengan teknik yang digunakan adalah non tes. Teknik non tes dilakukan dengan memberikan penilaian terhadap psikomotorik, afektif, sikap serta kemampuan siswa dalam melakukan sesuatu yang kaitannya dengan pembelajaran outing class.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 02:56 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 02:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4952 |
Actions (login required)
View Item |