Farhatul Mahmuda, Lutfia (2025) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan pada Penggunaan dan Keamananan Mobile banking Perspektif Maslahah mursalah di Nasabah Bank Mandiri Area Jember. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.
|
Text
LUTFIA FARHATUL MAHMUDA (watermak).pdf Download (5MB) |
Abstract
Lutfia Farhatul Mahmuda, 2025, Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan pada Penggunaan dan Keamananan Mobile banking Perspektif Maslahah mursalah di Nasabah Bank Mandiri Area Jember Pembimbing I Dr. H. Misbahul Munir, M.M. Pembimbing II Dr. Siti Masrohatin, S.E., M.M
Kata Kunci: Peningkatan Kualitas Pelayanan, Mobile Banking, Maslahah mursalah
Perkembangan teknologi telah membawa suatu perubahan kebutuhan masyarakat atas suatu alat pembayaran yang dapat memenuhi kemudahan, kecepatan, ketepatan, dan keamananan dalam setiap transaksi. Masyarakat sejatinya sudah memperoleh manfaat yang signifikan dari hadirnya produk dan layanan digital banking. Digital banking memberikan kenyamanan, inovasi, aksesibilitas dan kemudahan, dan penurunan ketergantungan terhadap layanan perbankan tradisional. Mobile banking adalah suatu layanan inovatif yang ditawarkan oleh bank yang memungkinkan pengguna kegiatan transaksi perbankan melalui smartphone. Bank Mandiri terus memantapkan diri menjadi yang terdepan dalam arus perkembangan teknologi dan informasi dengan melakukan transformasi demi terciptanya sistem digital perbankan yang tangguh.
Penelitian di fokuskan pada: 1. Bagaimana strategi peningkatan kualitas pelayanan pada mobile banking perspektif maslahah mursalah di nasabah Bank Mandiri area Jember? 2. Bagaimana strategi peningkatan kualitas pelayanan pada keamananan mobile banking perspektif maslahah mursalah di nasabah Bank Mandiri area Jember? 3. Bagaimana faktor-faktor penghambat dan pendukung penggunaan mobile banking perspektif maslahah mursalah di nasabah Bank Mandiri area Jember?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deksriptif. Lokasi penelitian pada Bank Mandiri Area Jember. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang diperoleh terdiri dari sumber data primer.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Strategi peningkatan kualitas pelayanan pada mobile banking perspektif maslahah mursalah di nasabah Bank Mandiri area Jember dengan cara: kemudahan mobile banking yang moderen, biaya yang murah saat meggunakan mobile banking, kecepatan mobile banking dan kecepata respon perbankan, sistem tranparansi pencatatan dan perlindungan data transaksi, fitur laporan keuangan. 2. Strategi peningkatan kualitas pelayanan pada keamananan mobile banking perspektif maslahah mursalah di nasabah Bank Mandiri area Jember dengan cara: fitur Keamananan akun, sistem deteksi ancaman, respon cepat terhadap ancaman, transapanransi dalam perlindungan keamananan, memehami kebutuhan keamananan nasabah. 3. Faktor-faktor penghambat dan pendukung penggunaan mobile banking menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki kekuatan dan peluang, sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
| Divisions: | Program Magister > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | LUTFIA FARHATUL MAHMUDA |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:25 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:25 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
