Salma, Khavida Nur Alami (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Khavida Nur Alami Salma_212101090043.pdf Download (26MB) |
Abstract
Khavida Nur Alami Salma, 2025 : Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 5 Jember. Permasalahan ini ditemukan disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif dan cenderung konvensional, sehingga kurang efektif dalam menarik perhatian dan menarik perhatian siswa. Secara spesifik, materi IPS seringkali bersifat padat dan menuntut pemahaman konsep serta koneksi antar berbagai materi, namun penyampaian yang monoton membuat siswa menjadi bosan, pasif, dan akhirnya mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Prezi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 5 Jember tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experiment. Desain penelitian yang dipakai adalah Nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan dokumentasi. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, da uji daya beda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebelum di analisis data karena berkaitan dengan teknik yag digunakan yaitu uji hipotesis dengan menggunakan Independet Sample T-test.
Hasil analisis data pada penelitian menggunakan Independent Sample T-test menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,005 (p < 0,05). Nilai tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran Prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Depositing User: | Khavida Nur Alami Salma |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:09 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:09 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
