Awwalul Muizzat, Mohammad Marsha (2025) URGENSI KOMUNIKASI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA CUSTOMER DI PERUSAHAAN CV. CALIFORNIA ADVERTISING KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
|
Text
Mohammad Marsha Awwalul Muizzat FIX.pdf Download (5MB) |
Abstract
Mohammad Marsha Awwalul Muizzat, Nurul Widyawati Islami Rahayu, 2025: Urgensi Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Customer Di Perusahaan CV. California Advertising Kabupaten Lumajang
Kata Kunci: Komunikasi Bisnis, Kualitas Pelayanan
Dalam rangka mencapai tingkat pelayanan yang berkualitas, setiap perusahaan pasti akan menyusun strategi yang cukup efektif dan efisien untuk dijadikan oprasional perusahaan. Pelayanan yang berkualitas didasari keterampilan komunikasi dan bahasa yang sering dilatih oleh tiap karyawan khususnya bagian pelayanan. Sehingga, apabila perusahaan dapat melatih keterampilan komunikasi dari para karyawannya, otomatis pemberian pelayanannya akan dapat mencapai tingkat berkualitas. Namun, faktor lain yang menjadi menyebab naik turunnya kualitas pelayanan juga berada di dalam penyampaiannya. Seperti halnya pemanfaatan media digital sebagai alat bantu dalam memberikan sebuah pelayan. Serta pengawasan berkala yang dilakukan perusahaan terhadap proses kinerja karyawan.
Fokus penelitian ini adalah 1) Apakah keterampilan komunikasi memiliki keterkaitan dengan kualitas pelayanan?, 2) Bagaimana strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada setiap customer (pelanggan)?.
Sehingga tujuan dari penelitian ini ialah 1) untuk menjelaskan peran keterampilan komunikasi pada perusahaan dalam memberikan sebuah pelayanan yang berkualitas, serta sistematis dalam meningkatkannya, dan 2) untuk mengetahui strategi yang efektif dan efisien dalam meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Data yang dikumpulkan bersumber dari hasil wawancara kepada ketiga pihak yang bersangkutan, seperti dari pihak kepada perusahaan, karyawan perusahaan, hingga pelanggan perusahaan. Selain dari data wawancara, informasi juga diambil dari sesi observasi lapangan terkait kinerja perusahaan dalam memberikan sebuah pelayanan kepada setiap customer.
Hasil dari pengumpulan data dalam penelitian ini mengahasilkan kesimpulan 1) Keterampilan komunikasi memiliki keterkaitan yang kuat terhadap kualitas pelayanan, sehingga menciptakan peran yang penting dalam proses perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada setiap customer. 2) Dalam menciptakan strategi yang efektif dan efisien bagi perusahaan untuk dapat memberikan pelayanan yang berkualitas, perusahaan harus dapat membentuk perencanaan yang matang terlebih dahulu, dan selalu dilakukan nya pengawasan serta pengevaluasian terhadap kinerja karyawan, dan juga selalu memberikan rasa nyaman dan kepercayaan kepada setiap customer perusahaan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Mr Mohammad Muizzat |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:44 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:44 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
