Khoirot, Muhammad Fadloilul (2025) PENERAPAN METODE TAHSIN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA SANTRI DI TPA RAUDLOTUL ISLAM RAMBIGUNDAM RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
|
Text
SKRIPSI Muhammad Fadloilul Khoirot 2025.pdf Download (3MB) |
Abstract
Muhammad Fadloilul Khoirot, 2025: Penerapan Metode Tahsin Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Santri Di TPA Raudlotul Islam Rambigundam Rambipuji Jember
Kata Kunci: Metode Tahsin, Pembelajaran Al-Qur’an, TPA
Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran agama Islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim .Salah satu usaha nyata dalam proses pemeliharaan kemurnian Al-Qur’an ialah dengan membaca dan menghafalnya. Untuk memahami ajaran Islam secara sempurna diperlukan pemahaman terhadap kandungan Al-Qur’an, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari. Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an perlu adanya sebuah lembaga yang mewadai kegiatan pembelajaran dan sebuah metode guna mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran. Indikasi dilapangan ditemukan adanya Taman Pendidikan Al-Qur’an Roudlotul Islam yng menggunakan metode Tahsin dalam pembelajaran Al-Qur’an. Metode Tahsin ini menitik beratkan pada makhorijul Huruf, ilmu tajwid, dan melafalkan Al Quran dengan irama dan nada tartil sehingga cocok digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an agar lebih cepat lancar membacanya.
Fokus Penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penerapan metode tahsin pada santri dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPA Roudlotul Islam Rambigundam Rambipuji Jember?. 2). Bagaimana implikasi metode tahsin pada santri dalam pembelajaran Al-Qur’an pada santri di TPA Roudlotul Islam Rambigundam Rambipuji Jember?. Tujuan Penelitian Ini adalah:1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode tahsin dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPA Roudlotul Islam Rambigundam Rambipuji Jember. 2). Untuk mengetahui bagaimana implikasi metode tahsin dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPA Roudlotul Islam Rambigundam Rambipuji Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tenik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini bertempat di Taman Pendidikan Al-Qur’an Roudlotul Islam Jl. Rengganis Dusun Krajan Kidul Rambigundam Rambipuji Jember.
Hasil Kesimpulan ini adalah: 1. Penerapan metode Tahsin Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Roudlotul Islam dilakukan dengan metode tahsin melalui talaqqi (bertemu langsung) musyafahah (pembetulan bibir) guna melatih hukum bacaan tajwid, makhorijul huruf, kesesuaian irama serta kelancaran membaca Al-Qur’an para santri. 2. Dampak penerapan metode tahsin ini dalam pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an membawa dampak positif bagi para santri, menambah pengetahuan bagi para santri dalam memahami tata cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dan sebagai sarana pembelajaran agar menjadi pribadi yang bermanfaat bagi lingkungan serta agama.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Muhammad Fadloilul Khoirot |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 07:00 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 07:00 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
