MUHAMMAD AAN AMRULLAH, - (2021) 2020: Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Fitrah Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Rambipuji 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
MUHAMMAD AAN AMRULLAH_T20161006.pdf Download (4MB) |
Abstract
Muhammad Aan Amrullah, 2020: Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Fitrah Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Rambipuji 2019/2020. Pendidik adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajarkan sesuatu ilmu, membimbing, melatih, memberi penilaian serta memberikan evaluasi kepada peserta didik. Pendidik adalah orang yang memberikan pengetahuan atau wawasan lebih kepada peserta didiknya baik mengembangkan fisik maupun sepiritualnya. Di sekolah selain mengajar, mendidik, memotivasi. Peran pendidik juga harus memahami karakter dan potensi peserta didik. Mengembangkan fitrah peserta didik dengan tujuan untuk mempermudah tercapainya pedidikan yakni menjadikan peserta didik memiliki kemampuan intelektual, ahklak yang baik serta keterampilanyang dapat bermafaat bagi masyarakat atau bangsa dan negaranya. Pada dasarnya fitrah cenderung dengan kebaikan. Kecenderungan kebenaran tergantung pada orang tua dan lingkungannya. Pengembangan fitrah merupakan salah satu alternative mengemban amanah dari Allah Swt untuk mejalankan segala kewajibannya dan menjauhi larangannya. Dengan adanya kebiasan-kebiasan yang telah diterapkan pendidik dengan melibatkan kegiatan formal maupun non formal dalam urusannya diharapakan peserta didik dapat mebawa fitrah dengan tujuan berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mencari Ridho-Nya. Fokus penelitian dalam sekripsi ini meliputi, 1) Bagaiamana peran pendidik dalam mengembangkan fitrah peserta didik di SMP 02 Negeri Rambipuji? 2) Bagaimana langkah dan strategi pengembangan fitrah peserta didik di SMP Negeri 02 Rambipuji? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan Deskriptif serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti ini memperoleh kesimpulan: pertama, pendidik adalah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didiknya dengan ini pendidik sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing guru sebagai pelatih, guru sebagai motivator guru harus memahami peserta didiknya. Tanggung jawab pendidik dalam menaikan taraf muridnya sehingga menjadi insan yang berguna kepada agama, negara dan bangsa. Kedua: langkah dan setrategi pengembangan fitrah yaitu tujuan pendidikan agama islam harus mampu mengembangkan fitrah peserta didik untuk kepentingan dunia dan akhirat sesuai dengan petunjuk allah dan Al-hadist. Menjadi pribadi yang beriman bertaqwa kepada Allah, memiliki akhlak yang mulia serta memiliki ketrampilan hidup yang sesuai bakat dan minatnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 02:58 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 02:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4958 |
Actions (login required)
View Item |