PENGGUNAAN METODE TASMI' DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR'AN SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN DAARUT TAUFIQ MUNCAR BANYUWANGI TAHUN 2025

MA'RUFIN, KHAMIDATUS (2025) PENGGUNAAN METODE TASMI' DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR'AN SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN DAARUT TAUFIQ MUNCAR BANYUWANGI TAHUN 2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI KHAMIDATUS S. M NIM. 223101010003 PAI .pdf

Download (2MB)

Abstract

Sulitnya menjaga hafalan Al-Qur’an yang telah didapatkan seringkali
menjadi tantangan dan hambatan dalam perjalanan seorang penghafal Al-Qur’an.
Penggunaan metode menjadi salah satu solusi dalam menjembatani dan membantu
para penghafal Al-Qur’an dalam menjaga hafalannya. Sebagaimana latar belakang
dilaksanakannya penelitian ini yakni adanya penggunaan metode dalam menghafal
Al-Qur’an berupa metode tasmi’ pada Pondok Pesantren Daarut Taufiq Muncar
Banyuwangi.
Penelitian ini berfokus pada empat hal, yakni bagaimana tahapan, faktor
pendukung, faktor penghambat, dan solusi mengatasi hambatan penggunaan
metode tasmi’ dalam menjaga hafalan Al-Qur’an santri putri Pondok Pesantren
Daarut Taufiq Muncar Banyuwangi Tahun 2025? Berdasarkan permasalahan yang
diidentifikasi, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara naratif
tahapan, faktor pendukung, faktor penghambat, dan solusi mengatasi hambatan
penggunaan metode tasmi’ dalam menjaga hafalan Al-Qur’an santri putri Pondok
Pesantren Daarut Taufiq Muncar Banyuwangi Tahun 2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis naratif.
Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data
dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis
data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari data collection,
data condensation, data display, dan conclusion. Keabsahan data dijamin melalui
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Sesuai dengan tujuan penelitian, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa
tahapan penggunaan metode tasmi’ pada Pondok Pesantren Daarut Taufiq Muncar
Banyuwangi tahun 2025 dilaksanakan dengan 2 jenis pelaksanaan, yakni deresan
persiapan tasmi’ dan ngaos setoran bil ghoib. Faktor pendukung penggunaan
metode tasmi’ di Pondok Pesantren Daarut Taufiq Muncar Banyuwangi tahun 2025
terdiri dari membentuk lingkungan dengan nuansa Qur’ani, mendengarkan bacaan
orang yang hafal Al-Qur’an, motivasi diri sendiri, serta sarana dan prasarana.
Faktor penghambat penggunaan metode tasmi’ di Pondok Pesantren Daarut Taufiq
Muncar Banyuwangi tahun 2025 yakni berasal dari faktor internal dan faktor
eksternal. Solusi mengatasi hambatan penggunaan metode tasmi’ di Pondok
Pesantren Daarut Taufiq Muncar Banyuwangi tahun 2025 yakni pemberian
motivasi untuk memompa semangat para santri putri, cara mengajar ustadzah, dan
sistem muraja’ah hafalan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Aboriginal and Torres Strait Islander Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: KHAMIDATUS SHOLEHA MA'RUFIN
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:14
Last Modified: 04 Dec 2025 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49584

Actions (login required)

View Item View Item