Muslim, Muhammad (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2025/2026. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHAMAD SIDDIQ JEMBER.
|
Text
MUHAMMAD MUSLIM_214101090017.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Muslim, 2025 : Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2025/2026.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Nearpod, Hasil Belajar
Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan dan merangsang pikiran, perasaan, serta perhatian peserta didik agar proses belajar menjadi lebih efektif dan bermakna. Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jenggawah masih menggunakan buku paket dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang bersifat konvensional dan media kurang interaktif, sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod yang dapat diakses secara digital melalui perangkat laptop maupun handphone guna meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII tahun pelajaran 2025/2026.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi validitas, kepraktisan, dan efektivitas pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2025/2026. Sejalan dengan itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod yang dikembangkan sehingga dapat menjadi sarana belajar yang menarik, mudah digunakan, dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseach dan Develompment). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Validasi media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa. Analisis kepraktisan dengan menyebar angket respon guru dan peserta didik. Analisis keefektifan dengan menggunakan nilai pre-test dan post-test.
Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod pada materi potensi sumber daya alam indonesia. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa produk ini sangat valid dengan nilai rata-rata 90% (ahli materi), 85% (ahli media), dan 88% (ahli bahasa). Hasil kepraktisan dari uji respon guru, peserta didik skala kecil, dan peserta didik skala besar terhadap media pembelajaran berbasis Nearpod menunjukkan perolehan presentase uji respon guru sebesar 96% dengan kriteria “sangat praktis”. Perolehan presentase uji respon peserta didik skala kecil sebesar 91% dengan kriteria “sangat praktis”, dan perolehan presentase uji respon peserta didik skala besar sebesar 91% dengan kriteria “sangat praktis”. Uji efektivitas berdasarkan Perbandingan pre-test dan post-test dengan perhitungan N-Gain memperoleh rata-rata 0,73, yang termasuk dalam kategori "Efektif".
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Depositing User: | Muhammad Muslim |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 08:01 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 08:01 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
