PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 7 JEMBER

Hidayah, Miftahul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 7 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MITA ED.REV 1 (1).pdf

Download (11MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berbasis digital menjadi salah satu strategi utama untuk meningkatkan pemahaman konsep-konsep abstrak dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Di MTs Negeri 7 Jember, guru IPS dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum mendukung penerapan media interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa serta memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata. Meskipun demikian, pembelajaran IPS masih menghadapi keterbatasan media yang mampu menjembatani pemahaman materi yang kompleks, khususnya hubungan keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya, sehingga diperlukan inovasi media pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan aplikatif.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri 7 Jember. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Uji coba produk terdiri dari dua tahap, yaitu: 1) Uji konstruksi oleh ahli untuk menilai kevalidan media pembelajaran, dan 2) Uji coba lapangan pada siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Jember, yang terbagi menjadi kelompok kecil dan kelompok besar. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis laboratorium virtual berupa aplikasi SILABIS (Sistem Laboratorium IPS). Selama uji coba lapangan, siswa diberikan angket respon untuk menilai kepraktisan media, serta soal pre-test dan post-test untuk mengukur keefektifan aplikasi dalam meningkatkan pemahaman materi IPS.
Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan memiliki validitas tinggi, dengan skor ahli materi 80% (valid), ahli bahasa 86% (sangat valid), dan ahli media 99% (sangat valid). Kepraktisan media dinilai sangat baik oleh guru (98%) dan praktis oleh siswa (rata-rata 79% pada uji coba kelompok kecil dan besar). Analisis efektivitas melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dengan N-Gain rata-rata 0,61 (cukup efektif). Kesimpulannya, media pembelajaran berbasis laboratorium virtual efektif dan praktis untuk meningkatkan pemahaman serta keterlibatan siswa IPS kelas VIII, dan direkomendasikan untuk terus dikembangkan sesuai kebutuhan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Mrs Miftahul Hidayah
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:36
Last Modified: 04 Dec 2025 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49589

Actions (login required)

View Item View Item