Imama Muhimma, Fatati (2025) Pengaruh media nearpod terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jenggawah Tahun pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Imama Muhimma Fatati_212101090029.pdf Download (4MB) |
Abstract
Imama Muhimma Fatati, 2025: Pengaruh Media Nearpod Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata kunci: media nearpod, keaktifan siswa.
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan dilingkungan SMPN 1 Jenggawah, mengindikasi rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang masih kurang bervariasi dan cenderung konvensional, sehingga mengakibatkan peserta didik merasa bosan serta rendahnya keikutsertaan siswa dalam diskusi kelompok, enggan untuk menjawab pertanyaan guru dan minimnya kontribusi siswa dalam mengemukakan pendapat. Terlihat bahwa siswa sering bersikap tidak aktif saat pembelajaran IPS berlangsung. Oleh karena itu perlunya inovasi media pembelajaran yang interaktif dan berbasis teknologi salah satunya dengan menggunakan media nearpod sebagai pendukung dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah ada pengaruh media penggunaan media nearpod terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Jenggawah tahun pelajaran 2024/2025?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh penggunaan media nearpod terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Jenggawah tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, yang terdiri dari kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Data keaktifan belajar dikumpulkan melalui angket yang terdiri dari 24 butir soal dan observasi. Uji hipotesis yang dilakukan untuk mengetahui hasil penelitian ini adalah uji independent sample T-test.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian dengan independent sample T-test, menunjukkan bahwa nilai sig. (0,000) lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh media nearpod terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Jenggawah tahun pelajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Depositing User: | Imama Muhimma Fatati |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 08:22 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 08:22 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
