Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 10 Jember

Rahmawati, Putri Maulidani Anggraeni (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 10 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Maulidani Anggraeni Rahmawati_214101090016.pdf

Download (27MB)

Abstract

Putri Maulidani A, 2025 : Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 10 Jember

Kata Kunci : Auditory Intellectually Repetition (AIR), Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang dan menggunakan model pembelajaran. Oleh karenanya, penggunaan model pembelajaran sangat bermanfaat untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan, siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Seperti permasalahan yang terjadi di MTs Negeri 10 Jember, yang mana siswa merasa bosan terhadap pelajaran IPS sehingga siswa sering tidak memperhatikan guru saat menerangkan, tidur di kelas, mengobrol dengan teman dan lain sebagainya. Hal ini mengharuskan guru saat proses belajar mengajar dituntut untuk aktif agar suasana pembelajaran tidak membosankan. Sehingga pengetahuan dan kualitas pendidikan dapat dibangun dan ditingkatkan dengan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: Mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di MTs Negeri 10 Jember.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif jenis quasi experimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian mencakup siswa kelas VII MTs Negeri 10 Jember dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji T.
Data hasil analisis dan pengujian hipotesis adalah sebesar 0.001 karena nilai Sig lebih kecil dari 0,05. Maka H ditolak dan Ha diterima dan variable independent yaitu model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent yaitu kemampuan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 10 Jember. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sampel T test dimana diperoleh nilai sig. (2-Tailed) sebesar 0,001. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan < 0,05 sehingga hipotesis nihil (H) ditolak, hipotesis alternative (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di MTs Negeri 10 Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Putri Maulidani Anggraeni Rahmawati
Date Deposited: 05 Dec 2025 02:23
Last Modified: 05 Dec 2025 02:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49606

Actions (login required)

View Item View Item