IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB RISALATUL MAHID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HAID PADA KEGIATAN SABTU TAKWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 GLAGAH BANYUWANGI TAHUN 2025

Hilma, Dhany (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB RISALATUL MAHID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HAID PADA KEGIATAN SABTU TAKWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 GLAGAH BANYUWANGI TAHUN 2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dhany Hilma_211101010041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi pada siswi SMP salah satunya yaitu pemahaman tentang hukum-hukum fikih khususnya tentang haid. Masih banyak siswi yang kurang memahami aturan syariat tentang bersuci dan ibadah ketika mengalami masa haid. Hal ini dapat menghambat mereka ketika menjalankan kewajiban beribadah. Faktor lain yang juga mempengaruhi adalah minimnya pengetahuan orang tua para siswi dalam memahami permasalahan haid. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka SMPN 2 Glagah Banyuwangi ini mengambil tindakan dengan mengadakan kegiatan sabtu takwa yang berisi pembelajaran kitab Risalatul Mahid.
Fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana implementasi materi pembelajaran kitab risalatul mahid untuk meningkatkan pemahaman haid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Glagah Banyuwangi, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi materi pembelajaran kitab risalatul mahid untuk meningkatkan pemahaman haid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Glagah Banyuwangi. Tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) Mendeskripsikan implementasi materi pembelajaran kitab risalatul mahid untuk meningkatkan pemahaman haid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Glagah Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi materi pembelajaran kitab risalatul mahid untuk meningkatkan pemahaman haid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Glagah Banyuwangi.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan interaktif model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan, dalam implementasi materi terdapat 1) Tujuan pembelajaran kitab Risalatul Mahid untuk meningkatkan literasi fikih peserta didik, menananamkan kesadaran diri dan tanggung jawab, dan lainnya. 2) Metode pembelajaran kitab Risalatul Mahid dengan metode ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan simulasi praktik. 3) Media pembelajaran kitab Risalatul Mahid menggunakan media ringkasan Risalatul Mahid, media digital berupa quizizz, dan video edukasi. 4) Materi pembelajaran kitab Risalatul Mahid meliputi, durasi masa haid, hukum ibadah pada masa haid, dan panduan cara menghadapi masa haid. 5) faktor pendukung berupa dukungan dari kepala sekolah, guru sekolah, guru pengajar dan fasilitas. 6) faktor penghambat berupa waktu kurang maksimal, kesadaran siswi, dan kesadaran orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhany Hilma
Date Deposited: 05 Dec 2025 02:36
Last Modified: 05 Dec 2025 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49622

Actions (login required)

View Item View Item