Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMK Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025

Rahmawati, Indi (2025) Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMK Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indi Rahmawati_212101010103.pdf

Download (4MB)

Abstract

Indi Rahmawati, 2025: Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMK Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Metode Snowball Throwing, Keaktifan Belajar Siswa
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMK Negeri 5 Jember menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa masih belum optimal. Siswa cenderung pasif, kurang berani bertanya maupun menjawab, serta kurang fokus dalam memperhatikan dan menyimak penjelasan guru. Kondisi ini terlihat pada rendahnya keterlibatan siswa dalam aspek visual, oral, dan listening activities selama kegiatan belajar berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru menerapkan metode Snowball Throwing sebagai strategi pembelajaran aktif yang melibatkan partisipasi seluruh siswa.
Fokus penelitian meliputi: 1) Bagaimana penerapan metode Snowball Throwing pada keaktifan belajar siswa aspek visual activities dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana penerapan metode Snowball Throwing pada keaktifan belajar siswa aspek oral activities dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2024/2025? 3) Bagaimana penerapan metode Snowball Throwing pada keaktifan belajar siswa aspek listening activities dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2024/2025?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Snowball Throwing pada keaktifan belajar siswa aspek visual activities, oral activities dan listening activities dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMK Negeri 5 Jember. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek siswa kelas XI APT di SMK Negeri 5 Jember. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi sumber dan teknik. Keabsahan data diperkuat dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Snowball
Throwing dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti adalah sebagai berikut: (1) Visual activities siswa terlibat melalui kegiatan membaca materi, memperhatikan instruksi, serta mengamati pertanyaan dan jawaban teman. (2) Oral activities siswa berani menjawab pertanyaan, menyampaikan pendapat, dan memberi tanggapan selama kegiatan berlangsung. (3) Listening activities siswa menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru, instruksi langkah kegiatan, serta jawaban teman. Temuan ini menegaskan bahwa Snowball Throwing mampu menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Indi Rahmawati
Date Deposited: 05 Dec 2025 01:57
Last Modified: 05 Dec 2025 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49631

Actions (login required)

View Item View Item