Pengembangan Media Gurita Pintar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Petung 02 Bangsalsari Kabupaten Jember

Wahid Fadaukas, Abdallah Gasmal (2025) Pengembangan Media Gurita Pintar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Petung 02 Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Sidiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI GASMAL (2).pdf

Download (7MB)

Abstract

Abdallah Gasmal Wahid Fadaukas, 2025: ”Pengembangan Media Gurita Pintar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Petung 02 Bangsalsari Jember”.

Kata Kunci : Pengembangan Media, Gurita Pintar, Mata Pelajaran Matematika

Seiring dengan kemajuan teknologi, berbagai jenis media pembelajaran mulai dikembangkan dan diterapkan di setiap sekolah.salah satu media yang digunakan yaitu media gurita pintar. Berdasarkan hasil observasi di SDN Petung 02 Bangsalsari penggunaan media pembelajaran masih sangat terbatas, Sehingga media gurita pintar ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika serta mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana pengembangan media gurita pintar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V di SDN Petung 02 Bangsalsari, 2). Bagaimana kelayakan media gurita pintar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V di SDN Petung 02 Bangsalsari, 3). Bagaimana kepraktisan penggunaan media gurita pintar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V di SDN Petung 02 Bangsalsari.
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1). Untuk mendeksripsikan pengembangan media gurita pintar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SDN Petung 02 Bangsalsari, 2). Untuk mendeksripsikan kelayakan media gurita pintar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V di SDN Petung 02 Bangsalsari. 3). Untuk mendeksripsikan kepraktisan penggunaan media gurita pintar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V di SDN Petung 02 Bangsalsari.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau R&D (Reaserch and Development) Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalution). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi untuk memperoleh informasi terkait kebutuhan media, proses pengembangan, tingkat kelayakan produk, serta respon pengguna terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.
Hasil dalam penelitian ini adalah : 1) Proses pengembangan media Gurita Pintar, dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bersifat sistematis. 2) kelayakan media, diperoleh dari hasil validasi oleh tiga ahli. Validator ahli materi memperoleh rata-rata skor 90,7% (sangat layak), validator ahli media 84,4% (layak), dan validator ahli pembelajaran 89% (sangat layak). Secara keseluruhan, media Gurita Pintar dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran Matematika. 3) kepraktisan penggunaan media, ditunjukkan melalui hasil uji coba lapangan kepada 29 siswa kelas V SDN Petung 02 Bangsalsari. Respon siswa terhadap media mencapai 94% dalam kategori sangat praktis dan menarik. Siswa merasa lebih antusias, aktif dalam kegiatan kelompok, serta mudah memahami materi bilangan cacah melalui aktivitas bermain sambil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010501 Algebraic Structures in Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abdallah Gasmal Wahid Fadaukas
Date Deposited: 05 Dec 2025 02:01
Last Modified: 05 Dec 2025 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49633

Actions (login required)

View Item View Item