Pengaruh Intensitas Menonton Konten Dakwah TikTok Terhadap Prilaku Moral Generasi Z di Desa Karduluk Kabupaten Sumenep

Mahdi, Ach Jazuli (2025) Pengaruh Intensitas Menonton Konten Dakwah TikTok Terhadap Prilaku Moral Generasi Z di Desa Karduluk Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACH JAZULI MAHDI_212103010037.pdf

Download (29MB)

Abstract

Ach Jazuli Mahdi, 2025 : Pengaruh Intensitas Menonton Konten Dakwah TikTok Terhadap Prilaku Moral Generasi Z di Desa Karduluk Kabupaten Sumenep

Kata Kunci : Intensitas Menonton Konten DakwahTikTok, Prilaku Moral, Generasi Z, Desa Karduluk

Penelitian ini di dasari oleh kekhawatiran terhadap merosotnya moral Generasi Z di Desa Karduluk, yang banyak dipicu oleh pengaruh media sosial TikTok. Indikasi masalah ini terlihat dari maraknya penggunaan bahasa kasar dan rendahnya minat remaja untuk terlibat dalam kegiatan positif. Namun di sisi lain, muncul sebuah terobosan baru dalam berdakwah melalui konten-konten di TikTok yang diciptakan oleh sebagian konten kreator. Konten dakwah inipun beragam, mulai dari ceramah pendek hingga kutipan-kutipan inspiratif. Konten dakwah ini mendapat sambutan positif dari masyarakat, termasuk para Generasi Z, karena dianggap sebagai sarana dakwah yang modern dan sesuai dengan perkembangan zaman.
Fokus penelitian ini adalah mengenai apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari intensitas menonton konten dakwah di aplikasi TikTok terhadap prilaku moral Generasi Z di Desa Karduluk dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari intensitas menonton konten dakwah di aplikasi TikTok terhadap prilaku moral Generasi Z di Desa Karduluk dan seberapa besar pengaruhnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden terpilih menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu, pengumpulan data juga didukung dengan observasi dan wawancara untuk memperkuat hasil temuan di lapangan.
Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara intensitas menonton konten dakwah TikTok (Variabel X) terhadap perilaku moral Generasi Z (Variabel Y). Hal ini dibuktikan oleh Uji-T dengan nilai signifikansi 0,001 (Sig. < 0,05) dan koefisien regresi positif sebesar 0,449. Sementara itu, Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan bahwa intensitas menonton konten dakwah TikTok mampu menjelaskan variasi perilaku moral Generasi Z sebesar 24,3%, sedangkan sisanya 75,7% dipengaruhi oleh faktor eksternal. Temuan ini secara teoretis dikuatkan oleh Teori Uses and Effects melalui konsep Conseffect, yang menegaskan bahwa dampak moral adalah hasil dari penggunaan media dan isi media itu sendiri (Uses &Effect). Mekanisme internalnya dijelaskan oleh Teori Kognitif Sosial (SCT), di mana konten dakwah berfungsi sebagai Model Simbolik yang memicu belajar observasional dan peningkatan Self-Efficacy remaja. Secara empiris, pengaruh ini terlihat dari minimalisasi kebiasaan buruk (seperti berkurangnya bullying dan kata-kata kotor) dan peningkatan partisipasi dalam kegiatan-kegiatan positif. Meskipun diperlukan pembinaan berkelanjutan untuk hasil yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Ach Jazuli Mahdi
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:44
Last Modified: 08 Dec 2025 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49687

Actions (login required)

View Item View Item