Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PLSV Berdasarkan Taksonomi SOLO di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ambulu Jember

Sholeha, Riadhatus (2025) Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PLSV Berdasarkan Taksonomi SOLO di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ridhatus Sholeha_214101070003.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Analisis kemampuan koneksi matematis, PLSV, Taksonomi Solo
Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan untuk mengaitkan konsep/aturan matematika yang satu dengan yang lainnya, dengan bidang studi lain, atau dengan aplikasi pada dunia nyata. Melalui koneksi matematis, wawasan siswa akan semakin luas, salah satunya pada materi PLSV. Namun kenyataannya kemampuan koneksi matematis siswa di SMP Negeri 1 Ambulu Jember beragam, sesuai dengan tingkatan taksonomi SOLO yang dimiliki siswa.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa pada tingkatan prastruktural dalam menyelesaikan soal PLSV, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa pada tingkatan unistruktural dalam menyelesaikan soal PLSV, 3) untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa pada tingkatan multistruktural dalam menyelesaikan soal PLSV, 4) untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa pada tingkatan relasional dalam menyelesaikan soal PLSV, 5) untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa pada tingkatan abstrak diperluas dalam menyelesaikan soal PLSV
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Banyak subjek dalam penelitian ini yaitu 5 siswa yang terdiri dari 1 siswa tingkatan prastruktural, 1 siswa tingkatan unistruktural, 1 siswa tingkatan multistruktural, 1 siswa tingkatan relasional, 1 siswa tingkatan abstrak diperluas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes taksonomi SOLO, tes kemampuan koneksi matematis, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Hubberman dan Saldana yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) siswa pada tingkatan prastruktural hanya menuliskan diketahui dan ditanya pada soal; 2) siswa pada tingkatan unistruktural menuliskan diketahui dan ditanya, kemudian memisalkan perjalanan yang ada pada soal; 3) siswa pada tingkatan multistruktural menuliskan diketahui dan ditanya, kemudian memisalkan perjalanan yang ada pada soal, siswa dapat menuliskan rumus dengan benar; 4) siswa pada tingkatan relasional menuliskan diketahui dan ditanya, kemudian memisalkan perjalanan yang ada pada soal, siswa menuliskan rumus dengan benar, siswa dapat mengaitkan PLSV dengan pecahan. 5) siswa pada tingkatan abstrak diperluas menuliskan diketahui dan ditanya, kemudian memisalkan perjalanan, siswa menuliskan rumus dengan benar, siswa mengaitkan PLSV dengan pecahan, kemudian siswa menuliskan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Riadhatus Sholeha
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:04
Last Modified: 09 Dec 2025 01:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49696

Actions (login required)

View Item View Item