., Sriyani (2025) Hubungan Keterampilan Literasi Sains dengan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA MA Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
|
Text
SKRIPSI - Final After Sidang (2).pdf Download (12MB) |
Abstract
Literasi sains siswa yang terjadi pada saat pembelajaran akan membekali siswa dengan keterampilan untuk memahami konsep ilmiah, mengevaluasi informasi, dan mengambil kesimpulan berdasarkan bukti untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi dikehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil
observasi, siswa masih kesulitan jika dihadapkan dengan soal yang memerlukan
analisis dan menyusun argumen ilmiah. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran cenderung didominasi oleh ceramah dan pencatatan sehingga mereka cenderung mengulang konsep hafalan.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) profil keterampilan
literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X ; 2) profil keterampilan berpikir
ilmiah siswa pada materi ekosistem kelas X; 3) mengetahui hubungan keterampilan
literasi sains dengan kemampuan berpikir ilmiah siswa pada materi ekosistem kelas
X.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional non-eksperimental yang menggunakan soal tes sebagai instrumen
utama pengumpulan data. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk mendeskripsikan data mentah setiap variabel, dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis hubungan antar variabel. Uji korelasi yang
digunakan adalah korelasi Kendall’s Tau-b karena data yang dimiliki tidak
berdistribusi normal.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) tingkat keterampilan literasi
sains siswa kelas X berada pada kategori “sedang” dengan rata-rata sebesar 36%.
Rata-rata nilai tertinggi ditunjukkan pada keterampilan siswa dalam mengorganisasikan, menganalisis, dan menginterpretasikan data kuantitatif dan
informasi ilmiah sebesar 45%.; 2) Tingkat kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas
X berada pada tingkat “sedang” dengan rata-rata sebesar 49%. Indikator yang
menunjukkan rata-rata tertinggi terdapat pada aspek analisis sebesar 71,9%.Sedangkan rata-rata nilai terendah terdapat pada aspek argumentasi sebesar 25%,;
3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan literasi sains
dengan kemampuan berpikir ilmiah siswa pada materi ekosistem kelas X dengan
tingkat korelasi sedang sebesar 0,454 dan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,005
< 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
| Depositing User: | Sriyani . |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 01:15 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 01:15 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
