Kutsyah, Nadila Dwi Firda (2025) KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-AZHAR MUNCAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Shiddiq Jember.
|
Text
Nadila Dwi Firda Kutsyah - 211101030060.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional yang menyatukan pembelajaran dan kehidupan santri di bawah bimbingan kiai sebagai pengasuh, pendidik, dan teladan. Di Pondok Pesantren Modern Al-Azhar Muncar Banyuwangi, Kebiasaan yang dilakukan oleh kiai kepada santri pada penerapan kegiatan sehari-hari seperti sholat berjama’ah, mengaji dan bersih-bersih. Yang dimana kegiatan tersebut juga diikut sertakan oleh kiai dan ustadz ustadzah serta pengurus OSZHA. Budaya Religius yang diterapkan pada santri agar santri jika berada diluar pondok mengimplementasikan apa yang ia dapat dari dalam pondok. Yang dimana diharapkan oleh kiai agar santri juga menjaga dan mengimplementasikan Hablum Minallah, Hablum Minannas, dan Hablum Minal ’Alam.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Model Kiai dalam Membudayakan Kegiatan Religius di Pondok Pesantren Modern Al-Azhar Muncar? 2) Bagaimana Model Pelaksanaan Kiai dalam Membudayakan Kegiatan Religius di Pondok Pesantren Modern Al-Azhar Muncar? 3) Bagaimana Model Evaluasi Kiai dalam Membudayakan Kegiatan Religius di Pondok Pesantren Modern Al-Azhar Muncar?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan model kiai dalam membudayakan kegiatan religius di Pondok Pesantren Modern Al-Azhar Muncar. 2) untuk mendeskripsikan model pelaksanaan kiai dalam membudayakan kegiatan religius di Pondok Pesantren Modern Al-Azhar Muncar. 3) untuk mendeskripsikan model evaluasi kiai dalam membudayakan kegiatan religius di Pondok Pesantren Modern Al-Azhar Muncar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumen. Analisis Data menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kiai menyelarkan jam sholat dhuha dan dhuhur dengan jam sekolah, kiai juga ikut serta dalam kegiatan mengaji setiap sholat maghrib bersama santri, dann mengontrol santri dalam kebersihan. 2) Kiai memberikan motivasi santri tentang pentingnya sholat berjama’ah, mengaji dan bersih-bersih yang dimana sebagai kegioatan rutin para santri. 3) Kiai melaksanakan rapat mingguan dimana setiap hari yang ditentukan kiai memanggil bidang kepengasuhan santri untuk menjelaskan serta menyerahkan berupa data absensi maupun dokumentasi kegiatan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Depositing User: | Kutsyah Nadila Dwi Firda |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:43 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:43 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
