Pengembangan media pop up book berbasis cerita fabel untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B1 RA Perwanida 04 Sempolan Jember

Damayanti, Dinda (2025) Pengembangan media pop up book berbasis cerita fabel untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B1 RA Perwanida 04 Sempolan Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DINDA DAMAYANTI_211101050002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dinda Damayanti, 2025: Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Cerita Fabel Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B1 RA Perwanida 04 Sempolan Jember.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pop Up Book, Kemampuan Bahasa

Pendidikan Anak Usia Dini berperan penting dalam menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama pada kemampuan bahasa sebagai dasar penguasaan literasi. Pada hakikatnya, proses pembelajaran yang efektif pada anak usia dini harus disesuaikan dengan karakteristik perkembangan anak, yaitu melalui kegiatan yang menyenangkan dan interaktif. Maka, apabila pada proses pembelajaran menjadi membosankan akibat kurangnya variasi media yaitu akan berdampak pada menurunya motivasi belajar dan menghambat perkembangan literasi anak. Oleh karena itu, adanya pengembangan media pop up book berbasis cerita fabel sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang menggunakan tampilan menarik dan sesuai dengan dunia anak, bertujuan untuk menarik minat baca anak serta membantu mereka lebih mudah memahami isi bacaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana pengembangan media pop up book berbasis cerita fabel untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B1? 2) Bagaimana kelayakan media pop up book berbasis cerita fabel untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B1? 3) Bagaimana keefektifan pengembangan media pop up book berbasis cerita fabel untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B1?
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pop up book berbasis cerita fabel untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B1. 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pop up book berbasis cerita fabel untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B1. 3) Untuk mengetahui efektifitas pengembangan media pop up book berbasis cerita fabel untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B1.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket/kuesioner, tes dan dokumentasi. Kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan ahli pembelajaran dengan subjek penelitian peserta didik kelompok B1 RA Perwanida 04 Sempolan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Media yang dikembangkan berupa pop up book berbasis cerita fabel yang berfungsi sebagai media pembelajaran interaktif untuk membantu anak dalam meningkatkan kemampuan bahasannya. 2) Tingkat kelayakan dari 4 validator memperoleh 88% yang menunjukkan bahwa media pop up book termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan. 3) Uji efektifitas media pop up book menunjukkan hasil rata-rata pretest sebesar 71% dan hasil posttest sebesar 94% maka hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari yang semula 71% ke 94% yang menunjukkan bahwa media pop up book efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dinda PDamayanti
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:32
Last Modified: 15 Dec 2025 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49949

Actions (login required)

View Item View Item