Dewi, Putri Ning (2025) Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Nilai-nilai Islam Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Putri Ning Dewi_222101010060.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Berbasis Nilai-nilai Islam, Keaktifan Belajar
Rendahnya keaktifan belajar siswa pada saat pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menjadi tantangan utama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Jember. Kondisi ini disebabkan oleh dominasi pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Untuk mengatasi masalah tersebut guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menerapkan pembelajaran kolaboratif berbasis nilai-nilai Islam untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Dalam penerapan pembelajaran kolaboratif ini dilaksanakan dengan berbasis nilai-nilai Islam yang mengintegrasikan nilai ukhuwah musyawarah dan amanah.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kolaboratif berbasis nilai-nilai Islam pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMPN 6 Jember? (2)Bagaimana bentuk integrasi nilai ukhuwah, musyawarah, dan amanah dalam setiap langkah pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMPN 6 Jember? (3) Bagaimana keaktifan belajar siswa kelas VII selama penerapan pembelajaran kolaboratif berbasis nilai-nilai Islam tersebut di SMPN 6 Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kolaboratif berbasis nilai –nilai Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII SMPN 6 Jember. (2) Menganalisis bentuk integrasi nilai ukhuwah, musyawarah, dan amanah pada setiap langkah penerapan pembelajaran kolaboratif. (3) Menggambarkan keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran kolaboratif berbasis nilai-nilai Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian ditemukan: penerapan model pembelajaran kolaboratif berbasis nilai-nilai Islam dilaksanakan secara terstruktur dengan diawali pembentukan kelompok heterogen berdasarkan kemampuan setiap siswa. Integrasi nilai-nilai Islam terintegrasi melalui praktek nyata seperti pembagian peran dalam kelompok, saling bertukar pendapat dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Penerapan pembelajaran kolaboratif berbasis nilai-nilai Islam ini dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, indikator peningkatannya dapat dilihat dari siswa lebih berani berpendapat dan aktif bertanya kepada teman dan menunjukkan kerjasama dan juga bertanggung jawab.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Putri Ning Dewi |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:38 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:38 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
