Anwar Sanusi, Nurul Izza (2025) UPAYA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI ANAK TUNARUNGU DI BIDANG MENJAHIT TINGKAT NASIONAL DI SLB NEGERI BRANJANGAN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Nurul Izza Anwar Sanusi_212103030066.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hak dasar setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus seperti tunarungu. Meskipun diatur dalam UUD 1945 dan UU Nomor 20 Tahun 2003, akses pendidikan bagi anak tunarungu masih terbatas, mengakibatkan kesenjangan prestasi. Di SLB Negeri Branjangan Jember, anak tunarungu memiliki potensi yang sama, tetapi sering terhambat oleh keterbatasan komunikasi dan dukungan. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk mengeksplorasi upaya orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi anak tunarungu di bidang menjahit, serta faktor faktor yang mendukung keberhasilan mereka di tingkat nasional.
Fokus penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi upaya orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi anak tunarungu di bidang menjahit di SLB Negeri Branjangan Jember. Penelitian ini juga akan mengidentifikasi faktor faktor yang mendukung anak tunarungu dalam mencapai prestasi di tingkat nasional, seperti minat dan motivasi internal, dukungan sosial, serta kemampuan mengatasi tantangan dalam proses belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus, fokus pada satu siswa di SLB Negeri Branjangan Jember yang berprestasi di bidang menjahit. Data dikumpulkan melalui teknik observasi untuk mengamati interaksi di kelas, wawancara dengan orang tua, guru, dan siswa, serta dokumentasi arsip terkait. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, yang mencakup kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk menghasilkan temuan yang valid mengenai motivasi berprestasi anak tunarungu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan emosional dari orang tua dan guru memainkan peran penting dalam meningkatkan motivasi berprestasi anak tunarungu di bidang menjahit di SLB Negeri Branjangan Jember. Penciptaan lingkungan belajar yang kondusif juga berdampak positif terhadap minat dan semangat anak. Faktor faktor yang mendukung prestasi anak tunarungu mencakup minat dan motivasi internal, dukungan sosial dari teman teman, serta kemampuan mengatasi tantangan. Partisipasi dalam perlombaan memberikan pengalaman berharga dan penghargaan yang meningkatkan motivasi mereka untuk terus berprestasi. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara orang tua dan guru dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
| Depositing User: | Izza Nurul Izza Anwar Sanusi |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 07:33 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 07:33 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49986 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
