Model Penguatan Manajemen Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan

Abd. Wahib, Wahib (2020) Model Penguatan Manajemen Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Institut : Jurnal Studi Pendidikan, 5 (1). pp. 223-236. ISSN 2442-3807

[img] Text
ARTIKEL-WAHIB-MODEL PENGUATAN MANAJEMEN.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penguatan madrasah adalah Visi, misi, dan tujuan cukup jelas, Sistem lembaga berjalan dengan baik, Respon masyarakat yang baik, Totalitas pemangku kepentingan (stakeholders), Konsistensi figur sentral, Sumber daya manusia (SDM) berkualitas, Disiplin peserta didik, Sarana dan prasarana cukup memadai, Kebijakan pemerintah sangat mendukung, Lingkungan madrasah sangat baik,
penerimaan peserta didik baru berkelanjutan, kerja sama pendidik dan tenaga kependidikan cukup baik. Model penguatan madrasah adalah Integrasi madrasah dengan pesantren, Pengembangan kurikulum dan pembelajaran yang berorientasikan pada siswa, Mengoptimalkan pembelajaran mata pelajaran ujian nasional, mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler. Model penguatan madrasah aliyah yang sesuai dengan zaman sekarang adalah Mengoptimalkan manajemen kelembagaan madrasah, Pengembangan wirausaha, dan mengoptimalkan kepemimpinan kepala madrasah. Sarana dan prasarana pendukung proses
pembelajaran di madrasah seperti perpustakaan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS),laboratorium, dan lain sebagainya hendaknya juga menjadi perhatian yang semestinya. Kegiatan dan waktu pembelajaran di madrasah hendaknya juga memperhatikan dan memperhitungkan kekuatan atau kemampuan daya pikir dan
fisik anak didik.

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abd Wahib
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:09
Last Modified: 19 Apr 2022 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5000

Actions (login required)

View Item View Item