Pengembangan Media Permainan Monopoli Balap Dalam Pembelajaran Matematika Materi penjumlahan dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Madrasah ibtidaiyah (MI) At-Taqwa Bondowoso

Rahman, Wahyu Izza (2025) Pengembangan Media Permainan Monopoli Balap Dalam Pembelajaran Matematika Materi penjumlahan dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Madrasah ibtidaiyah (MI) At-Taqwa Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wahyu Izza Rahman_211101040028.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran matematika sehingga peserta didik sering merasa bosan dan tidak mau mendengarkan guru. Sebagai solusi, dikembangkan media monopoli balap yang dirancang menyenangkan, mendukung pembelajaran aktif, dan membantu peserta didik memahami materi melalui pendekatan bermain sambil belajar.
Rumusan masalah pada penelitian dan pengembangan ini adalah
Bagaimana pengembangan media pembelajaran monopoli balap dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan untuk peserta didik kelas 1D Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso? 2. Bagaimana kelayakan produk pengembangan media pembelajaran monopoli balap dalam pelajaran Matematika pengurangan dan penjumlahan di MI At-Taqwa Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pengembangan media pembelajaran monopoli balap dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan untuk peserta didik kelas 1D Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa
Bondowoso. 2). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan media Monopoli Balap dalam pembelajaran matematika materi pengurangan dan penjumlahan siswa kelas 1 MI At-Taqwa Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Kemudian teknik analisis data penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) proses pengembangan media pembelajaran monopoli balap menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisis dengan melakukan observasi dan wawancara, tahap desain media monopoli puisi, tahap development dengan melakukan validasi kepada validator, tahap implementasi dilakukan dengan 2 tahap yaitu tahap skala kecil dengan 5 peserta didik dan tahap skala besar dengan 32 peserta didik, tahap evaluasi yaitu kesimpulan produk dengan aspek kevalidan,kepraktisan dan keefektifan. 2). Validasi oleh ahli materi 88% , ahli media 89%, dan ahli pembelajaran 100%. Hasil validasi menunjukkan kategori sangat layak dengan menunjukkan rata-rata persentase sebesar 92%. Uji coba lapangan pada 32 peserta didik kelas 1D
menunjukkan respon sangat baik, Hasil dari analisis keefektifan peserta didik melalui pre-test dan post-test sebesar 83 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Wahyu Izza Rahman
Date Deposited: 16 Dec 2025 01:20
Last Modified: 16 Dec 2025 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50004

Actions (login required)

View Item View Item