PENGEMBANGAN MEDIA SMART READER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI SUKU KATA PADA SISWA KELAS I DI MADRASAH IBTIDA’IYAH ISLAMIYAH GESANG KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG

Khasanah, Siti Mirma'atul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SMART READER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI SUKU KATA PADA SISWA KELAS I DI MADRASAH IBTIDA’IYAH ISLAMIYAH GESANG KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Siti Mirma’atul Khasanah _202101040013___ (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Siti Mirma’atul Khasanah, 2025 : Pengembangan Media Smart Reader Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Suku Kata Pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtida’iyah Islamiyah Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Smart Reader, Suku Kata
Media pembelajaran merupakan alat untuk mendukung pemahaman dan meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Untuk menghasilkan proses belajar yang berkualitas sebagai upaya meningkatkan penguasaan peserta didik terhadap materi pembelajaran, seorang guru membutuhkan media pembelajaran yang baik. Dengan adanya media pembelajaran, proses belajar menjadi mudah dan menarik. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan media Smart Reader Pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtida’iyah Islamiyah Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang.
Tujuan penelitian ini sebagai berikut. 1) Mengetahui bagaimana pengembangan media Smart Reader pada pembelajaran bahasa Indonesia materi suku kata pada siswa kelas I di Madrasah Ibtida’iyah Islamiyah Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. 2) Mengetahui bagaimana kelayakan dari media Smart Reader pada pembelajaran bahasa Indonesia materi suku kata pada siswa kelas I di Madrasah Ibtida’iyah Islamiyah Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. 3) Mengetahui keefektifan media Smart Reader pada pembelajaran bahasa Indonesia materi suku kata pada siswa kelas I di Madrasah Ibtida’iyah Islamiyah Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 Madrasah Ibtida’iyah Islamiyah Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang yang berjumlah 15 peserta didik.
Hasil penelitian: 1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan media pembelajaran ini adalah media Smart Reader materi suku kata yang digunakan kelas I Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. 2) Kelayakan media Smart Reader pada pembelajaran bahasa Indonesia diketakui setelah melakukan uji validasi dari 3 ahli yakni uji validasi ahli media 74% uji validasi ahli materi 88% dan uji validasi ahli pembelajaran 88% yang berarti media Smart Reader ini sudah masuk dalam kategori layak untuk diuji cobakan. 3) Keefektifan media Samrt Reader ada pelajaran bahasa Indonesia diketahui melalui pretest-posttest peserta didik yang menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 74% dengan kategori efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Pd. Siti Mirma'atul Khasanah
Date Deposited: 16 Dec 2025 07:57
Last Modified: 16 Dec 2025 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50056

Actions (login required)

View Item View Item