Manajemen Strategi Program Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember

Ulum, Fahmi (2025) Manajemen Strategi Program Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fahmi Ulum_214101030032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fahmi Ulum, 2025: “Manajemen Strategi Program Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember”.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Program Kitab Kuning, Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah
Dalam bidang kitab kuning, terdapat ajang lomba Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) yang rutin diikuti pesantren-pesantren di Indonesia. Beberapa pesantren seperti Nurul Qarnain, Annur Ha, MHI, dan Albidayah sering menjadi juara. Namun, Nurul Qarnain menempati posisi unggulan dalam beberapa tahun terakhir dan dikenal konsisten meraih juara. Salah satu faktor pembeda Nurul Qarnain dengan pesantren lain adalah keberadaan Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah, yang mengelola program pembelajaran kitab kuning secara terstruktur dan intensif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pembelajaran kitab kuning melalui Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah tersebut, guna memahami faktor keberhasilan yang membuat Nurul Qarnain sering menjadi juara dalam MQK.
Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mendeskripsikan formulasi strategi program kitab kuning di madrasah diniyah muadalah aliyah pesantren nurul qarnain sukowono jember. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi program kitab kuning di madrasah diniyah muadalah aliyah pesantren nurul qarnain sukowono jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi program kitab kuning di madrasah diniyah muadalah aliyah pesantren nurul qarnain sukowono jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, ustadz, pembimbing, dan santri berprestasi, serta dokumentasi berupa data dan foto. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Formulasi strategi dilakukan melalui penetapan visi dan misi, analisis SWOT, penyusunan program kerja berupa kurikulum ganda (kelas unggulan dan reguler), penjadwalan intensif dari subuh hingga malam melalui program Bimbingan Membaca Kitab (BMK), serta penetapan target terukur per tingkatan dengan sistem pertanggungjawaban ketat; (2) Implementasi strategi diwujudkan melalui penerapan yang terstruktur dan jelas dengan pembagian tugas mengajar sesuai spesialisasi, penggunaan metode pembelajaran sorogan, bandongan, hafalan dan bahtsul masail, penggunaan media pembelajaran seperti kitab, papan tulis, meja, bangku dan kelas serta sistem evaluasi berjenjang mulai dari ujian harian, tulis dan lisan hingga persiapan lomba Musabaqah Qira'atil Kutub (MQK); (3) Evaluasi strategi dilaksanakan secara berkala melalui supervisi rutin, rapat koordinasi mingguan, bulanan, semester, dan tahunan, Aspek-aspek yang di evaluasi, serta penyusunan laporan kinerja tahunan yang menjadi basis perbaikan program berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: fahmi ulum
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:36
Last Modified: 17 Dec 2025 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50076

Actions (login required)

View Item View Item