Kamilata, Novi (2025) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mendukung Kesejahteraan Psikologis Guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Darul Hikmah Al-Hasan Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Novi Kamilata_212103050018.pdf Download (41MB) |
Abstract
Novi Kamilata, 2025: Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mendukung Kesejahteraan Psikologis Guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Darul Hikmah Al-Hasan Jember.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kesejahteraan Psikologis, Guru Madrasah.
Kepemimpinan kepala madrasah memegang peranan yang krusial dalam membentuk lingkungan kerja yang suportif bagi guru, yang pada gilirannya berdampak langsung terhadap kualitas pendidikan. Gaya kepemimpinan ini memegang peran sentral tidak hanya dalam aspek administratif dan akademik, tetapi lebih mendasar lagi dalam memengaruhi kondisi psikologis guru sebagai ujung tombak pembelajaran. Namun, implementasi kepemimpinan di madrasah swasta seringkali menghadapi tantangan kompleks, seperti beban administratif yang tinggi, tekanan untuk berinovasi secara berkelanjutan, serta kesenjangan antara program pelatihan dengan kebutuhan praktis di kelas. Fenomena ini juga terjadi di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Darul Hikmah Al-Hasan Jember, sehingga penelitian ini berupaya memahami bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah dapat mendukung kesejahteraan psikologis guru di tengah berbagai tuntutan tersebut.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam mendukung kesejahteraan psikologis guru di MTsS Darul Hikmah Al-Hasan Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpnan kepala madrasah dalam mendukung kesejahteraan psikologis dalam mendukung kesejahteraan psikologis guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Darul Hikmah Al-Hasan Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pemilihan partisipan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, audit trail, member cheking dan transfersibilitas.
Berdasarkan gambaran gaya kepemimpinan kepala madrasah disimpulkan bahwa Gaya kepemimpinan kepala madrasah terbukti mendukung kesejahteraan psikologis guru di MTsS Darul Hikmah Al-Hasan Jember melalui praktik kepemimpinan yang partisipatif dan suportif. Praktik tersebut meliputi pelibatan guru dalam pengambilan keputusan strategis melalui musyawarah, pemberian otonomi dalam pengembangan metode dan materi ajar, penerapan sistem penilaian kinerja yang objektif-transparan, serta fasilitasi aktif terhadap kolaborasi dan kegiatan kebersamaan. Selain itu juga, keberhasilan gaya kepemimpinan kepala madrasah tersebut tidak hanya terletak pada aspek administratif dan manajerial, tetapi juga pada kemampuannya menginternalisasi dan mempraktikkan nilai-nilai keislaman seperti syura (musyawarah), amanah (kepercayaan), dan 'adl (keadilan) dalam interaksi sehari-hari. Secara keseluruhan, kepemimpinan kepala madrasah yang partisipatif, penuh kepercayaan, dan adil ini berhasil menciptakan lingkungan kerja harmonis yang berfungsi sebagai penyeimbang efektif terhadap berbagai tekanan kerja, sehingga mampu mendukung pencapaian kesejahteraan psikologis guru secara komprehensif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160101 Anthropology of Development |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam |
| Depositing User: | sis Novi Kamilata |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:30 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:30 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
