Putri,, Arlina ivanka (2025) Pelaksanaan Metode Tasmi, Tafahum. Tikrar, Muroja'ah dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan Al-Qur'an Santri di Ma‟hadAl-Khoirot Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Arlina Ivanka Putri _ 205101010005.pdf Download (6MB) |
Abstract
Arlina Ivanka Putri, 2025 :Pelaksanaan Metode Tasmi, Tafahum. Tikrar,Muroja‟ah dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan Al-Qur‟an Santri di Ma‟had Al-Khoirot Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Kata Kunci : Pelaksanaan, Metode Tasmi‟, Tafahhum, Tikrar dan Muroja‟ah,menghafal, menjaga Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti mengenai pelaksanaan metode tasmi, tafahum, tikrar, muroja‟ah dalam menghafal dan menjaga hafalan al-qur‟an santri di ma‟had al-khoirot. madrasah aliyah negeri 2 jember mengintegrasikan asrama al-khoirot sebagai bagian integral dari sarana pendidikan, yang didedikasikan untuk mencetak generasi penghafal Al-Qur‟an
yang berkualitas.Asrama ini didirikan khusus untuk mendukung program pendidikan yang menitikberatkan pada penguasaan ilmu membaca Al-Qur‟an,sejalan dengan visi madrasah untuk “Terwujudnya Madrasah Berkualitas,Kompetitif Secara Global dan Berwawasan Lingkungan”.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana PelaksanaanMetode Tasmi,Tafahum,Tikrar,Muroja‟ah dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan Al-Qur‟an Santri di Ma‟had Al-Khoirot Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember?; 2) Apa faktor pendukung dalam Pelaksanaan Metode Tasmi, Tafahum,
Tikrar, Muroja‟ah dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan Al-Qur‟an Santri di Ma‟had Al-Khoirot Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember?; 3) Apa faktor penghambat dan solusi dalam Pelaksanaan Metode Tasmi, Tafahum, Tikrar,Muroja‟ah dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan Al-Qur‟an Santri di Ma‟had
Al-Khoirot Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptifdengan mudah dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan studi kasus. sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data yang digunakan adalah analisis miles, huberman, dan saldana. dengan langkah berikut ; kondensasi data,
penyajian data dan menarik kesimpulan. untuk dapat memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan: 1). Pelaksanaan metode tasmi‟, tafahhum, tikrar, dan muroja‟ah dalam menghafal Al-Qur‟an di Ma‟had
Al-Khoirot MAN 2 Jember diawali dengan perencanaan berupa penentuan targethafalan. Pada tahap pelaksanaan, metode tafahhum dilakukan melalui penjelasan makna ayat oleh ustadzah dalam diskusi kecil. Metode tikrar diterapkan dengan mengulang hafalan baru 10–20 kali agar lebih kuat. Setelah itu, metode tasmi‟ dilakukan dengan santri menyetorkan hafalan kepada ustadzah pembimbing; 2).
Keberhasilan santri dalam menjaga hafalan Al-Qur‟an didukung oleh lingkungan pesantren yang kondusif dan religius, sehingga menciptakan suasana tenang dan memotivasi santri untuk terus menghafal. Selain itu, bimbingan ustadzah yang
sabar dan penuh perhatian turut memperkuat semangat santri dalam memperbaiki serta meningkatkan kualitas hafalan mereka; 3) Faktor yang menghambat santridalam menjaga hafalan Al-Qur‟an antara lain kurangnya pemahaman terhadapilmu tajwid, sehingga proses menghafal menjadi lebih sulit. Selain itu, jadwalsekolah yang padat membuat santri kurang fokus dan memiliki waktu terbatasuntuk menghafal.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | arlina ivanka putri |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 03:25 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 06:20 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
