Putri, Khoiriya (2025) Pengembangan Media Diorama Berbasis 3 Dimensi Pada Materi Bagian Tubuh Tumnbuhan Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pace 03 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Khoiriya Putri_212101040031.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Diorama Pembelajaran IPAS
Media pembelajaran menempati posisi paling penting dalam menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran masih sangat minim yang mengakibatkan peserta didik kurang semangat dan antusias. Oleh sebab itu, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan media pembelajaran diorama berbasis 3 dimensi. Media diorama berbasis 3 dimensi merupakan suatu media berupa miniatur 3 dimensi yang dapat memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik. Media diorama juga dikenal efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa saat pembelajaran berlangsung.
Adapun rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana kevalidan pengembangan media diorama berbasis 3 dimensi pada materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pace 03 Jember; 2) Bagaimana kepraktisanpengembangan media diorama berbasis 3 dimensi pada materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pace 03 Jember; 3) Bagaimana keefektivan pengembangan media diorama berbasis 3 dimensi pada materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pace 03 Jember. Adapun tujuan penelitian ini 1) Mengetahui kevalidan pengembangan media diorama berbasis 3 dimensi pada materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pace 03 Jember; 2) Mengetahui kepraktisan pengembangan media diorama berbasis 3 dimensi pada materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pace 03 Jember; 3) Mengetahui keefektivan pengembangan media diorama berbasis 3 dimensi pada materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pace 03 Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian R&D (Research anD Development) Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pace 03 Jember.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Kevalidan media diorama memperoleh skor oleh ahli media 90%, ahli materi 93% dan ahli pembelajaran 98% semuanya dalam kategori sangat valid; 2) Kepraktisan media diorama dinilai layak digunakan berdasarkan hasil pengisian angket respon peserta didik sebesar 95,6%, Serta 3) Media diorama dinyatakan efektif digunakan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 77,4% berdasarkan hasil pengisian pretest dan postest. Hasil ini menunjukkan bahwa media diorama dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai alternatif media pembelajaran IPAS untuk memudahkan pembelajaran materi bagian tubuh tumbuhan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Mrs Khoiriya Putri |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 06:55 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 06:55 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
