Nur, Muhammad Alfan Mustofa (2025) Peran Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Pemenuhan Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Muhammad Alfan Mustofa Nur_S20193136.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penyediaan layanan masyarakat oleh Disdukcapil Kota Jember adalah kunci untuk memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi, tidak terkecuali penyandang disabilitas. Aksesibilitas sangat diperlukan bagi penyandang disabilitas dalam melaksanakan aktifitasnya khususnya pada pelayanan publik terdapat pada Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Jember Nomor 7 Tahun 2016 mengatur hak penyandang disabilitas.
Fokus penelitian ini adalah 1.) Bagaimana peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pemenuhan hak aksesibilitas penyandang disabilitas di Kabupaten Jember ? 2.) Bagaimana Bentuk Pemenuhan Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember ? 3.) Apa Hambatan Dalam Pemenuhan Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jember ?
Tujuan penelitian ini 1.) untuk mengetahui peran Disdukcapil Kabupaten Jember dalam pemenuhan hak aksesibiltas penyandang disabilitas di Kabupaten Jember 2.) Untuk mengetahui Bentuk Pemenuhan Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember 3.) Untuk mengetahui Hambatan Dalam Pemenuhan Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jember
Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan undang-undang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan trakhir penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian 1.) Pelaksanaan pelayanan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember sudah menunjukkan upaya yang baik melalui penyediaan fasilitas seperti loket khusus, parkir khusus, dan kursi roda. Selain itu, program J-Peduli Kamu dan mobil layanan MONALISA menjadi bentuk perhatian untuk memberikan layanan langsung bagi penyandang disabilitas tanpa harus datang ke kantor. Namun, upaya tersebut masih belum maksimal karena belum tersedianya perangkat braille dan Juru Bahasa Isyarat (JBI), yang sangat dibutuhkan terutama bagi penyandang tunanetra dan tunarungu/wicara. 2.) Penyebaran informasi yang lebih banyak melalui internet juga membuat sebagian penyandang disabilitas kesulitan mengakses informasi layanan. 3.) Kendala utama dalam pemenuhan aksesibilitas ini adalah keterbatasan anggaran dan kurangnya SDM yang terlatih, khususnya dalam penggunaan bahasa isyarat. Kondisi tersebut berdampak pada belum optimalnya pemenuhan hak aksesibilitas penyandang disabilitas untuk memperoleh pelayanan publik secara adil dan inklusif.
Kata Kunci : Peran;Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil; Hak Disabilitas
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160509 Public Administration 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
| Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara |
| Depositing User: | alfan mustofa |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 06:44 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 06:44 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
