STRATEGI PEMASARAN KOPI DALAM MENINGKATKAN AKSES PASAR INTERNASIONAL DI PT LEDOKOMBO JEMBER

W. M, Intan (2025) STRATEGI PEMASARAN KOPI DALAM MENINGKATKAN AKSES PASAR INTERNASIONAL DI PT LEDOKOMBO JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INTAN W. M_SKRIPSI FIX__WATERMARK-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Intan W. M, M.F Hidayatullah, 2025: Strategi Pemasaran Kopi Dalam Meningkatkan Akses Pasar Internasional di PT Ledokombo Jember Kata Kunci: Strategi Pemasaran, STP, Marketing Mix 7P, Marketing Mix 4P, Akses Pasar Internasional, PT Ledokombo Jember Industri kopi merupakan salah satu sektor strategis dalam mendukung perekonomian Indonesia, terutama melalui kontribusi ekspor yang terus meningkat setiap tahun. Kabupaten Jember menjadi daerah penghasil kopi yang memiliki potensi besar untuk memenuhi kebutuhan pasar internasional, salah satunya melalui PT Ledokombo Jember yang telah berhasil melakukan pemasaran kopi robusta Kaliputih ke berbagai negara. Namun demikian, persaingan global menuntut perusahaan untuk memiliki strategi pemasaran yang tepat agar dapat mempertahankan dan memperluas akses pasar internasional. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran kopi di PT Ledokombo Jember ? 2) Bagaimana strategi pemasaran kopi di PT Ledokombo Jember dalam meningkatkan akses pasar internasional ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengidentifikasi strategi pemasaran kopi di PT Ledokombo Jember. 2) Untuk menganalisis strategi pemasaran kopi di PT Ledokombo Jember dalam meningkatkan akses pasar internasional Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian 1) Menunjukkan bahwa dalam kegiatan pemasarannya, PT Ledokombo menerapkan strategi Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Marketing Mix (7P) yang meliputi produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. 2) Sementara dalam meningkatkan akses pasar internasional, perusahaan mengimplementasikan STP dan Marketing Mix (4P) yang terdiri dari produk, harga, distribusi, dan promosi. Penerapan strategi tersebut efektif dalam meningkatkan permintaan pasar ekspor dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 60% per tahun pada periode 2020–2024. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi perusahaan kopi dalam merancang strategi pemasaran yang tepat untuk memperkuat daya saing pada pasar domestik maupun internasional serta menjadi rujukan bagi penelitian selanjutnya terkait pemasaran berbasis ekspor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140210 International Economics and International Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan W. M
Date Deposited: 19 Dec 2025 02:32
Last Modified: 19 Dec 2025 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50336

Actions (login required)

View Item View Item