Rusdi, - (2020) Membangun Karakter Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris IPS.
Text
Rusdi_T20169019.pdf Download (5MB) |
Abstract
Rusdi, 2020: Membangun Karakter Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Disiplin merupakan salah satu kecakapan hidup yang sangat penting dan perlu dimiliki oleh setiap orang guna mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam membangun karakter kedisiplinan siswa pada pembelajaran IPS di SMP NURIS Jember.(2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam membangun kedisiplinan siswa pada pembelajaran IPS di SMP NURIS Jember.(3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam membangun karakter kedisiplinan siswa pada pembelajaran IPS di SMP NURIS Jember. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam membangun karakter kedisiplinan siswa pada pembelajaran IPS di SMP NURIS Jember. (2) Mengetahui Apa faktor pendukung dan penghambat dalam membangun karakter kedisiplinan siswa pada pembelajaran IPS di SMP NURIS Jember.(3) Mengetahui upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam membangun karakter kedisiplinan siswa pada pembelajaran IPS di SMP NURIS Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model intraktif model Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1. Strategi guru dalam membangun karakter kedisiplinan siswa. a. Membangun kondisi semangat belajar siswa, memberi pengalaman tentang peraturan yang ada di lingkungan sekolah, pemberian hukuman kepada siswa yang melanggar. b. Guru harus memunculkan kesadaran pada siswa dan memberi penjelasan arti kedisiplinan. 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam membangun karakter kedisiplinan siswa, faktor pendukung secara umum adalah sinergitas semua guru termasuk kesiswaan, kurikulum, dan sinergitas semua pengurus pondok. Sedangkan faktor penghambat dalam membangun karakter kedisiplinan siswa secara intern adalah karena adanya sifat pemalas dari siswanya sendiri, kenakalan dari siswa sendiri. Sedangkan secara ekstern adalah adanya keterkaitan dengan pondok, dan kurangnya perhatian dari kelurganya. 3. Upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam membangun karakter kedisiplinan siswa pada pembelajaran IPS adalah membangun komunikasi yang baik, dan diberikan hukuman sesuai dengan pelanggarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:56 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5038 |
Actions (login required)
View Item |