Nabila Sevi Diani, - (2020) Implementasi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Aturan Sinus dan Cosinus Kelas X di SMA Negeri Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.
Text
Nabila Sevi Diani_T20157014.pdf Download (35MB) |
Abstract
Nabila Sevi Diani, 2020: Implementasi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Aturan Sinus dan Cosinus Kelas X di SMA Negeri Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pembelajaran berbasis HOTS Menuju era revolusi industri 4.0, maka pendidikan menjadi sarana untuk mempersiapkan untuk meningkatkan level berpikir. Dimunculkan soal Ujian Nasional yang membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal HOTS. Trigonometeri aturan sinus dan cosinus merupakan materi yang rumit bagi peserta didik di SMAN Rambipuji. Hal ini karena kurangnya implementasi pembelajaran berbasis HOTS yang diterapkan di sekolah. Oleh karena itu diadakan penelitian ini. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi aturan sinus dan cosinus kelas X di SMA Negeri Rambipuji Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi aturan sinus dan cosinus kelas X di SMA Negeri Rambipuji Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi aturan sinus dan cosinus kelas X di SMA Negeri Rambipuji Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan 2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan, dan 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi aturan sinus dan cosinus kelas X di SMA Negeri Rambipuji Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data milik Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kegiatan implementasi pembelajaran berbasis HOTS adalah 1) Perencanaan dilaksanakan dengan membuat silabus dan RPP. Dalam RPP terdapat tujuan pembelajaran dan kegiatan inti yang terkandung indikator dari kegiatan berpikir tingkat tinggi meskipun masih ada yang di bawah level C3. 2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan menggunakan aktivitas berpikir tingkat tinggi meskipun belum semua aktivitas terlaksana. 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan saat PAS genap. Guru tidak menggunakan soal HOTS untuk materi aturan sinus dan cosinus, tetapi ada soal berbasis HOTS yang digunakan di luar materi aturan sinus dan cosinus. Guru belum menerapkan kegiatan evaluasi berbasis HOTS sepenuhnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:57 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5040 |
Actions (login required)
View Item |