Amalia, Firda (2025) Strategi Pelayanan Jemaah Umroh Lanjut Usia Dalam Meningkatkan Kepuasan Jemaah Di PT. Shafira Tour and travel Cabang Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
|
Text
skripsi finall firda amalia WM.pdf Download (3MB) |
Abstract
Peningkatan jumlah jemaah di Indonesia tidak serta-merta diimbangi dengan
kesiapan layanan dari penyelenggara perjalanan ibadah khususnya para lansia Para
lansia memiliki kebutuhan yang sangat berbeda dibandingkan jemaah yang lebih
muda, baik dari sisi fisik, psikologis, maupun kebutuhan pendampingan dan
pelayanan medis. Serta ketiadaan fasilitas antar-jemput jemaah dari rumah ke
tempat manasik atau ke bandara. Hal ini tampaknya belum menjadi prioritas karena
sebagian besar jemaah memiliki kendaraan pribadi atau difasilitasi keluarga.
Penelitian ini berfokus: 1.) Bagaimana formulasi pelayanan jemaah lanjut
usia dapat meningkatkan kepuasan jemaah di Shafira Tour and travel Cabang
Jember? 2.) Bagaimana implementasi pelayanan umroh Shafira Tour and travel
Cabang Jember terhadap jemaah lanjut usia? 3.) Bagaimana evaluasi pelayanan
jemaah lansia dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Shafira Tour and travel
Cabang Jember?
Penelitian ini juga bertujuan: 1.) Untuk mendeskripsikan formulasi pelayanan
jemaah lanjut usia dapat meningkatkan kepuasan jemaah di Shafira Tour and travel
Cabang Jember. 2.) Untuk mendeskripsikan implementasi pelayanan umroh Shafira
Tour and travel Cabang Jember terhadap jemaah lanjut usia. 3.) Untuk mengetahui
Evaluasi pelayanan jemaah lansia dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di
Shafira Tour and travel Cabang Jember.
Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pendekatan
kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta
dokumentasi. Analisis data dengan metode Pengumpulan data, Reduksi data,
Penyajian data, dan Kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data: Triangulasi
sumber, Triangulasi teknik, dan Triangulassi waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelayanan yang diterapkan
mampu meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan kepuasan jemaah. Upaya
pelayanan yang responsif dan berorientasi pada kebutuhan jemaah lansia menjadi
bukti keberhasilan Shafira Tour and travel dalam menjaga kualitas pelayanan
sekaligus memperkuat daya saingnya di industri perjalanan umroh. Dengan
demikian, strategi pelayanan yang dijalankan tidak hanya efektif secara
operasional, tetapi juga selaras dengan tujuan utama perusahaan dalam memberikan
pengalaman ibadah yang bermakna bagi seluruh jemaah, khususnya lansia.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
| Depositing User: | Firda Amalia |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 08:43 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 08:44 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
