Syamsi Rega Virgi Wulandari, - (2021) Implementasi Moderatisme Agama Islam di lembaga Pendidikan (Studi kasus SMP Muhammadiyah 6 dan SMP 08 Ma’arif) Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Syamsi Rega Virgi WulandariT20161117.pdf Download (13MB) |
Abstract
Syamsi Rega Virgi Wulandari, 2021: Implementasi Moderatisme Agama Islam di lembaga Pendidikan (Studi kasus SMP Muhammadiyah 6 dan SMP 08 Ma’arif) Wuluhan Jember Kata Kunci: Penerapan, Moderatisme Agama Islam, Lembaga Pendidikan Munculnya sikap ektrimisme dari sebagian pemeluk agama islam dengan melegitimasi agama sebagai gerakan amar ma’ruf nahi mungkar. Dengan sikap berlebihan dari sebagain pemeluk agama mengarah kepada sikap radikalisme dalam melakukan kebaikan. Dari berbagai persoalan yang muncul perlu adanya pemahaman agama islam yang utuh (kaffah) sebagaimana pemahaman keagamaan yang moderat seperti Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah dalam menyikapi berbagai persoalan yang tidak cepat mengkafirkan orang lain yang dianggap berbeda dalam memahami persoalan dinamika keagamaan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan moderatisme Agama Islam di lembaga pendidikan SMP Muhammadiyah 6 dan SMP 08 Ma’arif Wuluhan Jember? 2) Bagaimana bentuk-bentuk moderatisme Agama Islam di lembaga pendidikan SMP Muhammadiyah 6 Dan SMP 08 Ma’arif Wuluhan Jember?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan moderatisme Agama Islam di lembaga pendidikan SMP Muhammadiyah 6 dan SMP 08 Ma’arif Wuluhan Jember, 2) Untuk Mendeskripsikan dan menganalisis bentuk-bentuk moderatisme Agama Islam di lembaga pendidikan SMP Muhammadiyah 6 Dan SMP 08 Ma’arif Wuluhan Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus (case studies). Subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu, Kondesnasi data, data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitain menunjukkan: 1) Pelaksanaan Moderatisme Agama Islam di lembaga pendidikan SMP Muhammadiyah 6 dan SMP 08 Ma’arif Wuluhan Jember yaitu: a) Materi moderatisme agama islam sesuai dengan ajaran Muhammadiyah dan Ke-Aswajaan. b) Hidden curriculume dalam pembelajaran PAI dengan pesan moderat ala Muhammadiyah dan ala NU. c) Integrasi pembelajaran dan pengenalan materi khilafiyah pada saat MOS (masa orientasi siswa). 2) Bentuk-bentuk moderatisme Agama Islam di Lembaga Pendidikan SMP Muhammadiyah 6 dan SMP 08 Ma’arif Wuluhan Jember yaitu: a) Kajian rutin IPM dan kajian rutin Aswaja. b) Pengajian dan tahlilan, c) Penyuluhan deradikalisasi untuk remaja dan Pelaksanaan Peringatan hari besar Islam dan Hari Santri Nasional, dan 4) Pendidikan wawasan kebangsaan dan Pendidikan literasi media sosial bagi remaja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 03:16 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 03:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5042 |
Actions (login required)
View Item |