Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Seni Musik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband Di TK Khadijah 60 Tegaldlimo Banyuwangi

Irawati, Finda (2025) Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Seni Musik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband Di TK Khadijah 60 Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FINDA IRAWATI _202101050040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Kecerdasan Seni Musik, Ektrakurikuler Drumband. Guru memiliki peranan yang sangat penting di dalam dunia pendidikan
khususnya pada saat kegiatan belajar mengajar, karena pada dasarnya peserta
didik memerlukan peran seorang guru untuk membantunya dalam proses
perkembangan diri dan pengoptimalan bakat dan kemampuan yang dimilikinya.
Seni Musik kemampuan individu dalam mengenali dan merespons berbagai suara,
khususnya musik, yang ditandai dengan kepekaan terhadap nada dan irama, serta
kemampuan untuk mengingat dan menyimpan nada dengan cepat dalam ingatan.
Ekstrakurikuler ialah tambahan di luar yang resmi, sedangkan Kurikuler adalah
bersangkutan dengan kurikulum.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru dalam
mengembangkan kecerdasan seni musik anak usia dini melalui kegiatan
ekstrakurikuler drumband di TK Khadijah 60 Tegaldlimo Banyuwangi. 2) Apa
saja faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mengembangkan
kecerdasan seni musik anak usia dini melalui kegiatan ekstrakurikuler drumband
di TK Khadijah 60 Tegaldlimo Banyuwangi
Tujuan Penenlitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana peran guru
dalam mengembangkan kecerdasan seni musik anak usia dini melalui kegiatan
ekstrakurikuler drumband di TK Khadijah 60 Tegaldlimo Banyuwangi. 2)
Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam
mengembangkan kecerdasan seni musik anak usia dini melalui kegiatan
ekstrakurikuler drumband di TK Khadijah 60 Tegaldlimo Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di TK Khodijah 60. Pengumpulan data
dengan tiga tahapan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: peran guru dalam mengembangkan
kecerdasan seni musik anak usia dini melalui kegiatan ekstrakurikuler drumband
diwujudkan sebagai pembimbing, fasilitator, dan motivator. Guru berperan dalam
membimbing anak selama latihan, menyediakan dan menyiapkan sarana serta
prasarana drumband, serta memberikan motivasi dan arahan agar anak mampu
mengikuti ritme, koordinasi, dan ekspresi musik dengan baik. Faktor pendukung
peran guru meliputi dukungan pihak sekolah dan orang tua, ketersediaan alat
drumband, serta antusiasme anak dalam mengikuti kegiatan. Adapun faktor
penghambat meliputi keterbatasan waktu latihan, perbedaan kemampuan anak,
serta kurangnya konsentrasi anak saat latihan berlangsung. Dengan demikian,
peran guru sangat berpengaruh dalam mengembangkan kecerdasan seni musik
anak usia dini melalui kegiatan ekstrakurikuler drumband.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190407 Music Performance
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190504 Performance and Installation Art
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Finda Irawati
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:38
Last Modified: 22 Dec 2025 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50449

Actions (login required)

View Item View Item