FILM HOROR SEBAGAI MEDIA DAKWAH : ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAN DE SAUSSURE DALAM FILM HOROR QODRAT KARYA CHARLES GOZALI

M., NAOVAL (2025) FILM HOROR SEBAGAI MEDIA DAKWAH : ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAN DE SAUSSURE DALAM FILM HOROR QODRAT KARYA CHARLES GOZALI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_M_NAOVAL_fix[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

M. NAOVAL, 2025 : Pesan Dakwah dalam Film Horor Qodrat Karya Charles
Gozali (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure)
Kata kunci : Pesan Dakwah, Film Horor Qodrat , Ferdinand de
Saussure, Semiotika
Fenomena dakwah dalam media populer terus berkembang, salah satunya
melalui film yang memadukan unsur hiburan dan nilai-nilai keagamaan. Film
horor Qodrat karya Charles Gozali menjadi contoh menarik karena memuat
representasi religius, khususnya terkait praktik ruqyah dan persoalan akidah di
masyarakat. Berdasarkan relevansi tersebut, penelitian ini difokuskan pada dua
aspek utama, yaitu bentuk penanda (signifier) dan petanda (signified) dalam film,
serta pesan dakwah yang disampaikan melalui simbol, dialog, dan adegan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi struktur tanda visual
maupun verbal dalam film Qodrat serta menjelaskan makna pesan dakwah yang
dikandungnya. Kajian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih
mendalam mengenai bagaimana film dapat berfungsi sebagai sarana penyampaian
pesan keislaman melalui pendekatan analisis semiotika.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui pengamatan terhadap adegan, dialog,
dan elemen sinematik, serta ditunjang oleh dokumentasi dan literatur terkait.
Proses analisis menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure dengan
menautkan hubungan antara penanda dan petanda untuk menafsirkan makna
dakwah yang tersirat dalam film.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Qodrat menghadirkan berbagai
tanda yang mengandung pesan dakwah dalam aspek akidah, syariah, dan akhlak.
Nilai ketauhidan, peringatan terhadap kesyirikan, prinsip ruqyah syar’iyyah, serta
pesan moral seperti tobat, kesabaran, dan keberanian menjadi unsur yang
menonjol. Melalui penyampaian simbolik yang kuat, film ini tidak hanya berperan
sebagai tontonan, tetapi juga sebagai media dakwah kontemporer yang
komunikatif. Penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan semiotika dapat
memberikan kontribusi penting dalam memahami pesan dakwah pada media film.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M NAOVAL RADEN
Date Deposited: 22 Dec 2025 02:35
Last Modified: 22 Dec 2025 02:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50485

Actions (login required)

View Item View Item