FUADI, M. ISLAH (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA DI DESA KEDUNGASRI KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.
|
Text
M. Islah Fuadi_223206030039.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Fuadi, Islah 2025. Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Nilai Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Kedung Asri Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Pembimbing I: Prof. H. Moch Imam Machfudi, S.S., M.Pd. Ph.D. Pembimbing II: Dr. Saihan, S.Ag., M.Pd.I
Kata Kunci: Implementasi, Nilai Nilai Kerukunan, Antar Umat Beragama
Pendidikan agama Islam yang mendorong toleransi antar agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa yang berilmu, cerdas, dan memiliki martabat. Guru dan sekolah berperan sebagai pengajar, pembina, dan pengarah bagi siswa dalam memperoleh pendidikan agama yang tepat. Namun, siswa dihadapkan pada tantangan yang perlu diatasi ketika berinteraksi dengan masyarakat. Beberapa orang masih memegang keyakinan agama tertentu dan memahami teks keagamaan dengan pandangan subordinasi, marginalisasi, dan bahkan permusuhan.
Fokus penelitian ini tentang Bagaimana Implementasi Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Nilai Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Kedung Asri Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi? Bagaimana Implementasi Nilai nilai Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Kedung Asri Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi?. Penelitian ini bertujuan untuk Meanganalsis Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Nilai Kerukunan Antar Umat Beragama dan Menganalisis Implementasi Nilai nilai Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Kedung Asri Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri atas tokoh agama, aparat desa, dan masyarakat lintas agama. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, dengan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi nilai kerukunan antarumat beragama di Desa Kedung Asri berjalan secara terarah dan berkesinambungan. Pada tahap perencanaan, guru PAI menyusun program penguatan toleransi melalui pembelajaran di sekolah, pembiasaan saling menghormati. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui pembelajaran di kelas, gotong royong desa, serta partisipasi siswa dan masyarakat dalam kegiatan sosial yang melibatkan berbagai agama. Evaluasi dilakukan melalui observasi perilaku siswa, serta monitoring kegiatan masyarakat yang menunjukkan hubungan antarumat beragama di desa berlangsung harmonis. Implementasi nilai nilai kerukunan antar umat beragama di Desa Kedungasri berjalan aktif melalui kegiatan musyawarah lintas agama, kerja sama sosial, dan komunikasi terbuka antar tokoh agama, serta penerimaan terhadap perbedaan dalam kehidupan sehari-hari.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
| Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email mislahfuadi@gmail.com |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 02:55 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 02:55 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
