ZAENAL ARIFIN, - (2020) Implementasi Menghafal Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Akhlak Santri Putra Di Pondok Pesantren Annur Kalibaru Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan jurusan pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
ZAENAL ARIFIN_084 141 299.pdf Download (6MB) |
Abstract
Zaenal Arifin, 2021: Implementasi Menghafal Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Akhlak Santri Putra Di Pondok Pesantren Annur Kalibaru Banyuwangi. Al-Qur’an adalah kalam Allah yang mulia dan mendatangkan pahala bagi siapa saja yang membacanya apalagi kepada yang meghafalnya. Namun proses dalam menghafal Al-Qur’an tidak mudah, tentunya ada kesulitan-kesulitan selama proses menghafal, namun hal itu dapat teratasi dengan berbagai metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an yang bertujuan untuk mempermudah selama proses menghafal, salah satunya metode takrir. Yang mana sudah diterapkan pada pesantren Annur. Menghafal Al-Quran sendiri merupakan sarana untuk membentuk akhlak santri secara mendasar, membawa individu keperubahan yang lebih baik, namun dengan hasil dari proses enghafal tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dimana banyak hafidz yang tingkah lakunya tidak mencerminkan apa yang diajarkan Al-Qur’an. Oleh karena itu perlu adanya pembinaan secara mendasar bagi para hafidz guna membentuk generasi hafidz seperti yang di harapkan. Dalam hal ini pondok pesantren Annur kalibaru banyuwangi meyakini bahwa tahfidz Al-Qur’an sangat membantu dalam membentuk atau meningkatkan akhlak santri sesuai dengan Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi mengahafal Al-Qur’an dala m meningkatkan akhlak santri putra di pondok pesantren Annur kalibaru banyuwangi? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat menghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak santri putra di pondok pesantren Annur kalibaru banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi mengahafal Al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak santri putra di pondok pesantren Annur kalibaru banyuwangi. 2) untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat menghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak santri putra di pondok pesantren Annur kalibaru banyuwangi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penentuan subyek data penelitian ini mengunakan purposive, adapun teknik pengumpualan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data reduction, data displey, verification. Kebsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Kegiatan pembelajaran tahfiz di Pesantren annur kalibaru dilakukan dengan metode takrir menghafal berulang-ulang satu ayat sampai hafal. Selain kegiatan tahfiz dan murajaah yang dilakukan, santri di Pesantren annur kalibaru juga dibekali dengan ilmu yang lain di antaranya bahasa arab, tafsir Al-Qur’an, ta’lim muta’allim, dalam membantu santri tahfidz akan lebih paham untuk mengembangkan akhlaknya. serta pembinaan sikap-sikap yang baik yang harus dimiliki oleh seorang penghafal Qur’an dalam metode ceramah dalam setip minggunya. 2) faktor pendukung antara lain adanya sarana dan prasarana, lingkungan pesantren, keistiqomahan santri dalam mengikuti program-program yang sudah ditentukan, adanya motivasi dan evaluasi dalam menghafal dan pembinaan akhlak, selain tahfidz santri jugak dibekali dengan ilmu pengetahuan lainnya seperti Bahasa Arab, Tafsir Al-Qur’an, Ta’lim muata’allim, serta pembinaan dan latiha-latihan lainnya. dan fator penghambat ialah santri kesulitan membagi waktu untuk menghafal karna selain program tahfidz santri harus sekolah formal dan non formal dan mengaji kitab-kitab yang sudah ditentukan oleh pesantren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 07:37 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 07:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5052 |
Actions (login required)
View Item |