Manajemen Program Unggulan Kelas Olimpiade Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang

Daniatul Maulidiyah, Putri Aprilia (2025) Manajemen Program Unggulan Kelas Olimpiade Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
File Skripsi Putri Aprilia Daniatul Maulidiyah..pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan bermutu merupakan pilar utama dalam membangun sumber daya manusia yang kompetitif di era globalisasi. Mengingat permasalahan mutu pendidikan masih menjadi tantangan maka lembaga pendidikan perlu memiliki strategi dan upaya tersendiri dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini mengeksplorasi Manajemen Program Unggulan Kelas Olimpiade dalam meningkatkan mutu pendidikkan guna memfasilitasi siswa berpotensi dalam bidang akademik.
Fokus penelitian ini meliputi: (1) bagaimana perencanaan program unggulan kelas olimpiade dalam peningkatan mutu pendidikan di MTsN 1 Lumajang, (2) bagaimana pelaksanaan program unggulan kelas olimpiade dalam peningkatan mutu pendidikan di MTsN 1 Lumajang, dan (3) bagaimana evaluasi program unggulan kelas olimpiade dalam peningkatan mutu pendidikan di MTsN 1 Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi kasus yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipatif dan non partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, Pembina kelas olimpiade, dan siswa kelas olimpiade. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam skripsi ini, dapat disimpulkan bahwa: Perencanaan mencakup penyusunan tujuan, pembentukan tim olimpiade, serta pemetaan sumber daya manusia dan pendanaan. Pada tahap pelaksanaan, program dijalankan melalui proses seleksi peserta didik, pengaturan jadwal pembinaan khusus, serta penyediaan materi yang disusun secara mandiri oleh pembina dengan mengacu pada standar olimpiade. Model pembinaan dilaksanakan melalui pemberian konsep dasar, latihan soal intensif, diskusi, dan tugas mandiri untuk memperkuat kompetensi siswa. Tahap evaluasi dilakukan secara berkala melalui rapat evaluasi setiap semester, mencakup peninjauan efektivitas pembinaan, perbaikan teknis program, hingga penyesuaian struktur kelas. Program ini terbukti memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar, kepercayaan diri siswa, serta capaian prestasi akademik, yang ditunjukkan dengan keberhasilan siswa meraih prestasi hingga tingkat internasional. Secara keseluruhan, program unggulan kelas olimpiade mampu berkontribusi positif terhadap peningkatan mutu pendidikan melalui penguatan kinerja guru, peningkatan kompetensi peserta didik, serta pengembangan budaya akademik yang kompetitif di lingkungan madrasah.
Kata Kunci: Manajemen Program Unggulan Kelas Olimpiade, Mutu Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Putri Aprilia Daniatul Maulidiyah
Date Deposited: 22 Dec 2025 06:28
Last Modified: 22 Dec 2025 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50524

Actions (login required)

View Item View Item