AYU ZIZI NOFANTI, - (2021) “Implementasi Program Taffaquh Fiddin dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Siswa di MANPK (Pendidikan Keagamaan) - MAN 1 Jember.”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
AYU ZIZI NOFANTI_T20161119.pdf Download (9MB) |
Abstract
d—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id viii ABSTRAK Ayu Zizi Nofanti, 2021: “Implementasi Program Taffaquh Fiddin dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Siswa di MANPK (Pendidikan Keagamaan) - MAN 1 Jember.” Kata Kunci: Program Tafaqquhfiddin, Nilai-Nilai Religius Siswa. Program taffaquh fiddin adalah kajian keagamaan yang brtujuan untuk menguatkan agamanya siswa dari segi akidah, ibadah, dan akhlak. Yang program ini merupakan program tambahan pelajaran keagamaan dalam bentuk pendalaman minat keagamaan yang diberikan kepada peserta didik yang mengambil peminatan keagamaan. Oleh karena itu, Madrasah aliyah Negeri 1 Jember menggunakan program keagamaan ini menggunakan struktur kurikulum yang berlaku di Madrasah Aliyah pada umumnya dengan tambahan pendalaman minat. Yang bagi siswanya mengambil program ini, akan diarahkan untuk tinggal di ma’had MAN 1 Jember dengan fasilitasi kegiatan-kegiatan penunjang pembelajaran keagamaan(taffaquh fiddin). Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimanakah perencanaan program taffaquh fiddin dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa di MANPK-MAN 1 Jember? 2) Bagaimanakah pelaksanaan program taffaquh fiddin dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa di MANPK- MAN 1 Jember? 3) Bagaimanakah Evaluasi program taffaquh fiddin dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa di MANPK- MAN 1 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah, 1. Mendeskripsikan perencanaan program tafaqquhfiddin dala menanamkan nilainilai religius siswa di MANPK-MAN 1 Jember. 2. Mendeskripsikan pelaksanaan program Tafaqquhfiddin dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa di MANPK- MAN 1 jember. 3. Mendeskripsikan evaluasi program tafaqquhfiddin dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa di MANPK- MAN 1 Jember. Pendekatan penelitian adalah deskriptif yaitu data terkumpul adalah data yang berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka dan didapatkan dari teknik observasi, interview semi terstruktur, dokumentasi, dan analisis data. Sedang analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) perencanaan program tafaqquhfiddin dapat dijalankan dengan baik jika dipersiapkan suatu perencanaan demi dicapainya hasil yang maksimal di kemudian hari. Dimana pembinaan peserta didik di asrama MANPK ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kesalehan, kemandirian, kedisiplinan, tanggung jawab, kesederahanaan, dan keterampilan dalam rangka mewujudkan visi, misi, tujuan, dan target MA pogram keagamaan. 2) Program tafaqquhfiddin dalam pelaksanaannya di MANPK menerapkan pembelajaran tuntas yang dijelaskan apabila materi pada pembelajaran siang belum selesai maka akan dilanjutkan pada waktu malam setelah jam tambahan malam atau program kegiatan ma’had. 3) Evaluasi program tafaqquhfiddin dilaksanakan kedalam bentuk lisan dan tidak tertulis seperti hafalan Qur’an, hafalan hadist, dan lembaran soal diakhir semester kelas 12. Sedangkan untuk mengukur seberapa suksesnya program itu berjalan dilihat dari hafalannya dan hasil akhir ujian tertulisnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 07:38 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 07:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5053 |
Actions (login required)
View Item |