Umami, Salsa Bila (2025) Efektivitas Aplikasi WhatsApp dalam Layanan Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
SALSA BILA UMAMI NIM 211101030038.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Efektivitas, WhatsApp, Layanan Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh
Penyelenggaraan ibadah haji dan umroh Kementerian Agama Republik
Indonesia, khususnya kementerian agama di tingkat kabupaten bertujuan memberikan
pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah saat menjalankan ibadah
Haji/Umroh. Untuk mengatasi masalah pelayanan dan menyesuaikan dengan
perkembangan teknologi, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso
meluncurkan inovasi WhatsApp Center guna mengintegritaskan seluruh layanan
informasi khususnya di bagian pelayanan Penyelenggara Haji dan Umroh.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas sistem,
kualitas informasi, kualitas layanan, dan kepuasan pengguna dalam penggunaan
aplikasi WhatsApp terhadap kualitas layanan Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh di
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso. Dengan tujuan penelitian yaitu
untuk mengukur keefektifan penggunaan aplikasi WhatsApp terhadap kualitas layanan
Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh di Kantor Kementerian Agama Kabupaten
Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi
penelitian adalah calon jamaah haji yang berangkat 2025. Jumlah sampel yang
digunakan sebanyak 86 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple
random sampling. Tekik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan
analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS for
Windows Version 31.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi WhatsApp tersebut sangat efektif
untuk digunakan dalam pelayanan Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh di Kantor
Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso. Hal ini dibuktikan berdasarkan tingginya
frekuensi jawaban setuju terhadap efektivitas aplikasi WhatsApp mencapai 91% dan
kualitas layanan Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh mencapai 86%. Selain itu juga
telah terjamin melalui uji prasyarat , di mana uji normalitas memperoleh nilai
signifikan sebesar 0,084 > 0,05 dan uji heteroskedastisitas memperoleh nilai signifikan
sebesar 0,063 > 0,05. Dari hasil pengujian tersebut maka disimpulkan bahwa aplikasi
WhatsApp terbukti sangat efektif dalam meningkatkan kelancaran dan kualitas layanan
seksi Penyelenggara Haji dan Umroh di Kantor Kementerian Agama Kabupaten
Bondowoso.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100504 Data Communications 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Ms Salsa Bila Umami |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 06:44 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 06:44 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
