Navilah, Nuriyatun (2025) PERAN DUKUNGAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK CEREBRAL PALSY (STUDI KASUS PADA SMPLB-BCD YPAC JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Skripsi Nuriyatun Navilah wm.pdf Download (3MB) |
Abstract
Anak merupakan anugerah serta amanah yang diberikan Allah Swt kepada orang tuanya saat dilahirkan ke dunia. Setiap anak memiliki keunikan, dalam hal kelebihan maupun kekurangan. Beberapa anak dilahirkan tanpa masalah kesehatan dan dapat tumbuh serta berkembang dengan baik, sementara yang lain menghadapi berbagai macam tantangan, baik dari segi mental, fisik, maupun sosial, akibat kelahiran yang tidak normal. Anak-anak dengan berkebutuhan khusus juga berhak mendapatkan perhatian dan dukungan yang sama, agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan keluarga yang penuh kasih sayang dalam lingkungan yang inklusif. Penting bagi orang tua dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung, sehingga semua anak tanpa terkecuali dapat mencapai potensi maksimal mereka.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana peran dukungan sosial dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak cerebral palsy di SMPLB-BCD YPAC Jember 2) Apa hambatan peran dukungan sosial dalam membangun kepercayaan diri pada anak Cerebral palsy di SMPLB-BCD YPAC Jember
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : 1) Mengetahui dan mendeskripsi peran dukungan sosial dalam membangun kepercayaan diri pada anak cerebral palsy di SMPLB-BCD YPAC Jember 2) Mengetahui hambatan dalam membangun kepercayaan diri pada anak cerebral palsy di SMPLB-BCD YPAC Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis tema dengan memahami data, menyusun kode dan mencari tema.
Peran Dukungan Sosial dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak cerebral palsy di SMPLB-BCD YPAC Jember dilakukan melalui berbagai bentuk dukungan dan pembiasaan positif yang terintegrasi antara lingkunga keluarga dan sekolah. Dukungan tersebut meliputi pemberian motivasi dan penguatan positif, pemberian tanggung jawab sesuai kemampuan, penanaman sikap optimis, pengarahan untuk berpikir realistis, serta pembiasaaan berpikir objektif. Proses penumbuhan kepercayaan diri anak cerebral palsy tidak terlepas dari berbagai hambatan yang berasal dari faktor internal maupun eksternal, hambatan tersebut meliputi: Kesadaran anak terhadap perbedaan dirinya, Pengalaman sosial yang negatif, sikap overprotektif orang tua, Faktor fisik daan psikologis, dan Keterbatasan sumber daya dan fasilitas sekolah dukungan pribadi seperti rasa malu, takut, dan trauma yang belum sepenuhnya teratasi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email nnavilaaah@gmail.com |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 07:37 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 07:37 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
