IMROATUS SHOLIHAH, - (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Kelas XI MIPA di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.
Text
IMROATUS SHOLIHAH_T20178017.pdf Download (9MB) |
Abstract
Imroatus Sholihah, 2021 : Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Kelas XI MIPA di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Metode pembelajaran tutor sebaya, Media audio-visual, Hasil belajar siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi dalam penggunaan metode belajar siswa yang mana metode yang digunakan dalam pembelajaran biologi di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok biasa, dengan penggunaan media yang hanya berbasis visual. Hal itu menyebabkan peserta didik dalam proses pembelajaran di dalam kelas cenderung pasif, dan hanya ada beberapa yang aktif, hal itu justru berdampak pada hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil belajar peserta didik yang umumnya masih rendah, dengan rata-rata nilai UTS biologi secara keseluruhan pada kelas XI MIPA semester ganjil hanya 66,13. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yang menjadi kajian pokok yaitu : 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol materi sistem ekskresi pada manusia setelah diterapkannya pembelajaran dengan metode tutor sebaya berbantuan media audio-visual di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan tahun pelajaran 2020/2021?; 2) Adakah pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA materi sistem ekskresi pada manusia di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan tahun pelajaran 2020/2021? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan Quasi Experimental Design bentuk Posttest-Only Control Design. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 32 siswa untuk kelas XI MIPA1 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas XI MIPA3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan beberapa uji diantaranya: uji shapiro-wilk, uji F, dan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan jumlah nilai rata-rata hasil belajar (posttest) siswa, dimana untuk kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 84,69, sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 77,50; 2) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran tutor sebaya berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi sistem ekskresi pada manusia di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan tahun pelajaran 2020/2021 dengan nilai signifikansi 0,006.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 02:54 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 02:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5058 |
Actions (login required)
View Item |